Giliran Pengguna Ponsel Android dan iOS Dimanja Blue Bird Group

Via ponsel Android atau iOS, kamu bisa tahu persis posisi taksi pesananmu, lengkap dengan nomor taksinya, kapan saja

JAKARTA, SELASA – Mungkin kamu adalah pengguna jasa taksi Blue Bird Group. Mungkin juga kamu pengguna smartphone BlackBerry. Nah, tahu kan kalau sejak September lalu kamu bisa pesan taksi secara online via BlackBerry-mu? Begitu pesananmu diterima Blue Bird Group, nyaris seketika itu juga kamu akan diberitahu nomor taksi pesanan, lengkap dengan posisi, plus estimasi saat kedatangannya?

Aplikasi Taxi Mobile Reservation for BlackBerry pertama di dunia yang diluncurkan Blue Bird Group itu telah berhasil mendongkrak pelanggan taksi berlogo burung biru tersebut sampai 300%. “Menjadi 500 sampai 600 pelanggan setiap hari dibandingkan jumlah sebelumnya yang hanya 200 pelanggan per hari,” ungkap Sigit Priawan Djokosoetono ( Vice President Central Operation, Blue Bird Group)  dalam jumpa pers Taxi Mobile Reservation for Android dan iOS di Jakarta (7/12/2011).

 

Nah karena layanannya untuk pengguna BlackBerry sukses, Blue Bird Group kini menggarap pengguna ponsel Android dan iOS (Apple iPhone). Per Desember ini, 7200 pengguna iPhone dan 82.500 pengguna ponsel Android juga sudah bisa menikmati layanan serupa: pesan taksi online via ponsel Android atau iOS-nya.  Syaratnya mudah saja, tinggal unduh aplikasinya di Android Market atau App Store. Aplikasi ini juga tersedia di situs www.bluebirdgroup.com/mobile, social media Facebook Blue Bird Group atau [email protected]

Atau kalau kebetulan kamu sedang berada di salah satu armada taksi Blue Bird Group, carilah pouch yang menampilkan iklan QR (quick reader) code layanan ini. Lalu gunakan ponsel Android atau iPhone untuk menjepret kode itu. Di layar ponselmu akan dihadirkan tautan tempat mengunduh aplikasi. Silakan diklik. Eh kabarnya versi beta aplikasi ini sudah diunduh 70.000 kali loh.

Cara pesan taksi dengan ponsel Android atau Apple iOS tak beda dengan di BlackBerry. Langkahnya sederhana, cukup registrasi data-datamu di situs Blue Bird Group tadi. Untuk memesan taksi, masukkan nomor ponselmu, lalu alamat penjemputan. Kalau kamu sudah pernah mendaftar, alamatmu sudah tersimpan di database Blue Bird Group, jadi kamu tidak usah repot memasukkannya lagi.  Tinggal pilih salah satu alamat yang ditampilkan di layar ponsel.

Begitu alamat ditentukan, sistem taxi mobile reservation Blue Bird Group otomatis akan menghubungi server dan mencarikan taksi yang paling dekat dengan lokasimu. Nomor taksi akan langsung dikirimkan ke layar ponselmu. Kamu juga bisa memantau posisi taksi pesananmu via layar ponsel. “Untuk cek posisi, bisa refresh layar setiap 30 detik,” terang Sigit tentang layanan yang sementara ini terbatas di area  Jakarta itu.

Wah, makin mudah dan nyaman saja pesan taksi Blue Bird Group bukan? Eh iya, aplikasi yang memudahkan pesan dan cek posisi taksi secara mobile ini, jelas Sigit, bertumpukan teknologi GPS (global positioning system) yang diterapkan Blue Bird Group sejak tahun 2000. “Investasinya cukup besar,  jangka panjang, 3 – 5 tahun, dan mengharapkan loyalitas customer,” kata Noni Purnomo (Vice President Business Development Blue Bird Group) tentang nilai investasi bernilai Rp 50 miliar itu

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Giliran Pengguna Ponsel Android dan iOS Dimanja Blue Bird Group

  • 15/12/2011 at 10:41
    Permalink

    simakin mantab, sayangnya saya belum punya salah satu dari ketiga ponsel itu

  • 16/12/2011 at 06:39
    Permalink

    Sudah mendaftar via Android-Samsung i5510 kemarin siang tetapi sampai pagi ini belum ada jawaban. Katanya Blue Bird akan kirim SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.