Microsoft Dynamics AX 2102, Solusi ERP Ujung-ke Ujung Andalan Microsoft

ki-ka: Galib Machri (Solution Specialist – Business Solution, Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia), Murali Khrisna (ERP Solution Specialist, Microsoft Asia Pacific), dan Eddy Soloan (Dynamics Lead, PT Microsoft Indonesia) memaparkan keunggulan solusi ERP Microsoft Dynamics AX 2012.

JAKARTA, SELASA – Banyak resiko yang dihadapi saat aplikasi ERP (enterprise resource planning) diterapkan di sebuah perusahaan. “Implementasinya sudah susah, eh ternyata user-nya tidak fleksibel untuk mengikuti perkembangan bisnis. Justru jadi bottle neck. Padahal budget TI menurun setiap tahun. Kebutuhannya untuk hari ini, tapi solusinya milik kemarin,” cerita Eddy Soloan (Business Lead, Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia) mengawali acara peluncuran Microsoft Dynamics AX 2012 di Jakarta (8/12/2011).

Menyadari tantangan-tantangan di atas itulah, Microsoft memperkenalkan Microsoft Dynamics AX 2012. Solusi ERP ini disebutkan skalabel tetapi terjangkau, dan bisa memaksimalkan investasi ERP yang ada di sistem administrasi tingkat korporat, maupun menjadi solusi bagi perusahaan menengah.

“Generasi terbaru ERP Microsoft ini punya empat karakteristik, yakni tidak sulit dipakai sehingga merupakan aset, sederhana dan fleksibel, lengkap dari ujung-ke-ujung untuk industri tertentu, dan informasinya harus mengalir ke para pengambil keputusan,” terang Eddy.

Mengapa Eddy menyebutkan Microsoft Dynamics AX 2012-nya mudah dipakai? Ini antara lain karena tampilannya sama dengan produk-produk Microsoft, yakni Outlook, Word dan Excel sehingga pengguna yang sudah terbiasa dengan produk Microsoft tidak perlu susah-payah belajar lagi.

“Kelolanya juga harus simpel karena single standard Microsoft platform,” ungkap Eddy. Ia menambahkan, AX 21012 semakin terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya, yakni Office, SharePoint dan ERP client. “Sehingga resiko ERP bisa ditekan dan cost effective,” kata Eddy.

Solusi ERP, tutur Eddy, saat ini banyak dipakai oleh industri makanan dan minuman. JJ Food Service di Inggris adalah salah satu contohnya. Ini karena paketnya lengkap dari ujung-ujung. “Ada untuk riteler sendiri, untuk manufakturing, untuk distributor. Setiap user punya profile sendiri dan sudah termasuk workflow grafis yang bisa dikonfigurasi sendiri,” jelas Galib Machri (Solution Specialist, Business Solution Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia).

ERP, kata Eddy, sebenarnya sangat mendukung transparansi, khususnya jika digunakan di sektor publik. Sayangnya, di tanah air penerapan ERP di sektor publik justru belum banyak. “Padahal di Singapura sangat tinggi, misalnya di departemen-departemen,” kata Eddy yang mengaku baru saja mendapatkan tiga kustomer baru di Indonesia, masing-masing dari sektor makanan dan minuman, otomotif dan transportasi.

Di Indonesia, Microsoft berfokus pada sektor manufakturing, ritel, distribusi dan sektor publik sebagai target pasar.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Microsoft Dynamics AX 2102, Solusi ERP Ujung-ke Ujung Andalan Microsoft

  • 01/03/2012 at 11:51
    Permalink

    Saya sangat tertarik untuk mendalami microsft dynamics AX, apa bukux sudah tersedia di toko buku gramedia atau yang lainx, tks infox

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.