Facebook Bagikan iPad 3 Gratis? Bohong Tuh!

JAKARTA, JUMAT –¬† Kapan ya iPad 3 beredar? Kamu yang ngebet dengan generasi iPad terbaru ini harus berhati-hati dengan tawaran promosi pembagian iPad 3 secara gratis. Itu cuma ulah spammer yang memanfaatkan berita peluncuran iPad 3 dengan tujuan menipu mereka yang ingin segera memiliki perangkat tersebut.

Sebuah e-mail penipuan seperti itu telah ditemukan Symantec. Bahkan e-mail itu mengaku dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Isinya adalah promosi bagi-bagi iPad 3 hasil kerjasama, Facebook dan Apple. Calon korban, yang kemungkinan pengguna Facebook, disebutkan telah terpilih secara acak dari database Facebook. Ia akan diminta mengklik link dan mengisi survei tentang informasi pribadi dan memastikan kebenaran alamat e-mailnya.

E-mail tadi adalah scam, alias penipuan. Informasi pribadi dan alamat e-mail korban akan digunakan untuk mengirimkan lebih banyak spam di masa depan. Juga tidak tertutup kemungkinan ada click fraud, yakni scammer mendapatkan uang setiap kali pengguna mengklik link survei.

Jadi,  kendati kamu sangat gandrung iPad, jagalah akal sehatmu. Jangan terburu nafsu jika mendapatkan tawaran iPad gratis ya.

Untungnya, e-mail penipuan ini mudah dikenali karena tata bahasanya sangat buruk. Eh, kalau merasa menerima e-mail scam dari Facebook, kamu boleh melaporkannya ke Facebook.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.