PCplus 406: Yuk, Bikin Game Sendiri

Terbit: Selasa, 28 Februari 2012

Pernah nggak kepikiran buat bikin game sendiri? Sukur-sukur game buatan kamu laku dijual, kan lumayan buat nambah uang jajan :D. Nggak susah kok, kamu cuma perlu imajinasi dan kreatifitas. Bahkan beberapa tools yang tersedia tidak mewajibkan kamu untuk bisa coding. Penasaran? Coba simak PCplus edisi ini.

Di tutorial pertama kamu akan diajak cara membuat game Image Matching menggunakan bahasa pemrograman J2ME. Game ini bisa kamu mainkan nantinya di ponsel-ponsel yang mendukung Java seperti Nokia, Sony Ericsson dan sebagainya. Selesai bikin “Image Matching” sekarang saatnya bikin card game, alias game kartu. Di halaman 30, Chairul Ichsan bakal memandu kamu membuat game kartu menggunakan bahasa pemrograman Qt. Selesai berkutat dengan bahasa pemrograman, sekarang saatnya mencoba tools lain, namanya Unreal Development Kit (UDK). Khusus yang ini kamu tidak akan direpotkan oleh masalah koding yang rumit. Lihat bagaimana kamu bisa membuat game 3D bergenre first person shooter (FPS) dengan bantuan mouse dan imajinasi di halaman 32. Sebelum pakai UDK ini PCplus memberikan “bonus” artikel tentang pengenalan antarmuka dan penggunaan UDK di bonus CD edisi ini. Ngomong-ngomong soal CD, kamu juga wajib menyimak versi video dari tutorial di halaman 32 tadi. Di sana dijelaskan bagaimana cara membuat game FPS dengan UDK tanpa harus melakukan koding yang rumit.

Trik edisi ini juga tidak jauh-jauh dari masalah game. Di halaman 7 dan 8 kami tunjukkan cara memasang game Super Nintendo di Linux, cara main game Sega di Linux, bikin Linux jadi Game Boy Advance (GBA), serta menjalankan game Nintendo di Ponsel Java & Symbian. Selain trik tadi PCplus juga punya segudang trik curang buat aneka game. Dari mulai Point Blank, Perk The Elder Scrolls, Ninja Saga, sampai cara curang buat game FreeCell dan Hearts.

Bikin dan main game belum lengkap rasanya kalau belum ngobrol bareng industri game tanah air. Nah di halaman Rocks kali ini PCplus menyambangi Arsanesia, kelompok pemuda yang mendirikan perusahaan startup game. Kelompok yang digawangi oleh 5 mahasiswa Institut Teknologi Bandung ini sudah punya banyak prestasi lho, sebut saja Tap That App Competition yang diadakain Nokia serta StudentsxCEOsSummit 2011 sebagai Best Idea. Mau tahu kiat mereka untuk bisa sukses? Intip deh artikelnya di halaman 26.

Daftar isi dan preview edisi/artikel bisa dilihat di http://www.myedisi.com/tabloid/pcplus/251

Bonus CD: Aplikasi-aplikasi pembuat game, game gratis, aplikasi gratis & shareware, tutorial video โ€œMembuat Game Pakai UDKโ€ & “Bikin Installer Flashdisk”.

Informasi Penjualan Tabloid PCplus:
SMS. 0811 908 680
Tel. 021-530 6263
Fax. 021-536 99096
email. [email protected]

9 thoughts on “PCplus 406: Yuk, Bikin Game Sendiri

  • 10/03/2012 at 17:49
    Permalink

    wah,,sy dah berhasil nih bikin 2 game pake game engine game maker lite 8.1 yang pcplus kasih…sukses slalu buat pcplus…thank you very much…PC+ yahuuuddd…

  • 11/03/2012 at 21:19
    Permalink

    Wew.. keren bang Fadly…
    Keep the good work bang.. semoga bisa menghasilkan game-game keren ๐Ÿ™‚

  • 12/04/2012 at 14:19
    Permalink

    wah enak bgt ya pke tabloitpcplus
    dengan cara ini saya bisa membuat geme sendiri

  • 13/04/2012 at 10:01
    Permalink

    Terimakasih sudah baca mbak. Thanks juga sudah mampir di situs kita ๐Ÿ™‚

  • 13/04/2012 at 10:05
    Permalink

    Ada yang bisa mas, berbasis Java :). Thanks dah mampir ๐Ÿ™‚

  • 25/04/2012 at 15:59
    Permalink

    wah gan apa betul.. teknologi sekarang makin canggih canggih aja ya gan

  • 21/05/2012 at 15:05
    Permalink

    di daerah krawang kota susah sekali mendapat kan pc plus ๐Ÿ™
    suka telat edar lg…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.