Solusi Hemat HP t200 Zero Client for MultiSeat: Satu PC ‘Dikeroyok’ 14 Pengguna

Marketing Development Manager Hewlett-Packard Indonesia Antonni menunjukkan fisik HP t200 Zero Client for Multiseat.

JAKARTA, RABU – Tak tampak lagi deretan meja memanjang di lab komputer sekolah yang yang menaungi 1300 siswa itu. Deretan monitor komputer berbasis tabung yang tambun dan menyesaki meja pun raib. Begitu pula kotak CPU yang menyita tempat. Sebagai gantinya, di meja itu berkitar beberapa LCD nan langsing, lengkap dengan keyboard dan mouse. Terkesan ringkas, juga bersih.

Seperti itulah wajah keempat lab komputer di sekolah Islam Harapan Ibu sejak tahun lalu. “SD ada satu lab, SMP 2 lab, dan SMA 1 lab. Setiap lab terdiri dari 33 komputer,” tutur Miko Kelana yang mengelola komputer di sekolah di kawasan selatan Jakarta itu.

Ringkas dan bersihnya lab komputer sekolah Harapan Ibu itu akibat satu komputer dibagi sampai 10 pengguna. Karena itu untuk total 99 seats, Miko hanya mengalokasikan empat host. “Hemat listrik karena tidak menggunakan CPU. Biaya maintenance juga rendah,” kata Miko tentang keunggulan sistem HP t100 Zero Client for MultiSeat yang dipilihnya untuk menggantikan komputer-komputer lama yang sudah berusia tujuh tahun di sekolahnya.

Melalui sebuah kotak yang fisiknya sangat kecil dan proses instalasinya hanya perlu 10 – 15 menit, , guru TIK (teknologi informasi dan komunikasi) tidak perlu repot menyalakan komputer satu per satu. Konsentrasi siswa pun tidak terganggu karena guru bisa mengendalikan apa yang bisa diakses dan dilihat para siswa, termasuk kapan komputer bisa mulai dipakai. Sebab, pengendalian seluruh komputer yang terkoneksi diatur sang guru via software HP Classroom Manager yang disertakan. Begitu papar Miko.

Eh iya, HP t100 Zero Client for MultiSeat memang khusus dirancang untuk sektor pendidikan loh. Sistem yang dimotori sistem operasi Microsoft MultiPoint Server 2010 itu memungkinkan sampai 10 PC berbagi satu host melalui koneksi USB. Hemat energi, hemat biaya TCO (total cost of ownership), minim biaya pemeliharaan, ringkas tempat, dan tidak perlu banyak karyawan TI adalah sejumlah keunggulan yang disajikan solusi pendidikan tersebut.

Eh omong-omong apa sih zero client? Zero client mirip thin client, tapi yang harus dikelola dan di-maintain di perangkat kliennya lebih sedikit. Karena itulah ia disebut “zero” alias nol. Konsel nol ini berevolusi sejak 15 tahun dan pada hakekatnya sama dengan sebuah PC small form factor dengan OS thin client.

Sekolah Harapan Ibu, sebut Anthony Lim (Regional Business Manager, Client Virtualization Solutions, Personal Systems Group, South East Asia & Taiwan, Hewlett-Packard) saat memperkenalkan HP t200 Zero Client for MultiSeat di Jakarta kemarin siang (31/1/2012), merupakan contoh pengguna terbesar solusi berbagi PC HP di kalangan pendidikan di tanah air. HP t200 sendiri adalah generasi penerus t100 dan t105, yang menawarkan koneksi via kabel USB atau kabel Ethernet, sehingga tidak terbatas oleh jarak. Generasi pertama, t100, menawarkan koneksi USB ke host, tetapi tidak bisa dicoloki USB flash disk kecuali di host-nya. HP t105 juga sudah pakai koneksi USB, tetapi dibekali kemampuan USB port.

Saat ini, HP memang menawarkan t200 Zero Client for Multiseat. Seperti dua pendahulunya, tutur Christian Kangean (Education Director, Personal Systems Group, Hewlett-Packard Indonesia), t200 hemat energi dan mudah instalasinya. “Biaya listrik bisa ditekan sampai 80% penghematannya. Pemakaian daya per unit 2 – 25 Watt saja,” imbuh Anthony.

Dengan t200 yang dikoneksikan via USB secara PnP (plug and play) atau via kabel LAN sampai sepanjang 200 meter, 14 pengguna dapat secara secara simultan mengakses aplikasi yang berbeda-beda dari satu PC. “Tak perlu 14 PC dengan 14 power supply yang habiskan daya 200Watt. Biaya setup jadi terpangkas. Karena PnP, tidak perlu buka box untuk pasang kartu PCI. Dan tidak perlu pusing tentang kompatibilitas software. Ini adalah solusi fully OEM licensed pertama di dunia dan didukung oleh Microsoft. Merupakan PC host komersial terbaik di kelasnya,” urai Anthony.

Menurut Anthony, selain untuk sekolahan, HP t200 Zero Client for MultiSeat ideal bagi SMB (Small Medium Business), kafe Internet, warnet, agen perjalanan dengan lima karyawan, klinik kesehatan dan rumah sakit kecil, maupun stasiun KA dan bandara udara yang hendak menarik lebih banyak pelanggan dengan menyajikan akses Wi-Fi untuk mengecek e-mail atau sekadar browsing misalnya.

Solusi ini mencakup host berupa satu PC desktop HP Compaq MultiSeat ms6200 yang memiliki 10 port USB dengan sistem operasi Microsoft Windows MultiPoint Server2011 dan software manajemen HP Classroom Manager, HP t200 1150/1100 Zero Client (untuk LAN tersedia power adapter), monitor widescreen HP LE185twt, dan keyboard standar PS2/USB HP. “Per device, ia mengonsumsi daya 3 Watt,” kata Anthony tentang HP t200 Zero client yang merupakan klien pertama yang bebas BFR/PVC dan punya lima port USB dan fitur pengaman berupa security loop itu.

HP melindungi solusinya ini dengan garansi selama tiga tahun, dengan sistem 1-on-1 replacement. Eh mahal nggak ya harganya? Per seat-nya, kata Christian, dihargai US$ 550.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

7 thoughts on “Solusi Hemat HP t200 Zero Client for MultiSeat: Satu PC ‘Dikeroyok’ 14 Pengguna

  • 1 February 2012 at 7:59 PM
    Permalink

    mantap’s nih kang

  • 2 February 2012 at 10:04 AM
    Permalink

    Thanks dah mampir pak Hermawan. Gimana? Berminat coba?

  • 2 February 2012 at 6:27 PM
    Permalink

    Pa admin saya mau tanya,
    barang nya bs di dapat dmna ya? trs OS nya pakai apa? maklum msh newbe…

  • 2 February 2012 at 6:56 PM
    Permalink

    Halo mas Arie, makasih sudah mampir 🙂
    Untuk HP T200 memang masih baru mas, jadi mungkin agak sulit dicari.
    Kalau boleh kita sarankan alternatifnya yang menggunakan prinsip teknologi yang sama adalah NComputing. Mas bisa lihat di Bhinneka.com http://www.bhinneka.com/products/sku00109166/ncomputing_l230.aspx

    Sistem operasinya pakai WIndows. Bisa pakai Linux juga kalau tidak salah 🙂

    salam

  • 21 February 2012 at 9:00 PM
    Permalink

    Saya mau nanya, apakah proses installasi bisa dilakukan sendiri nanti nya. minimal brp seat. Thx

  • 21 February 2012 at 9:52 PM
    Permalink

    Coba bantu mas..
    Instalasi bisa dilakukan sendiri, karena relatif mudah. Seat minimal bisa 1 PC klien saja tapi tentu baru terasa manfaatnya kalau lebih dari itu 🙂

  • 26 February 2012 at 3:09 PM
    Permalink

    Untuk informasi lebih jelas mengenai product HP Thin Client dapat menghubungi di PT.Sentra Grafika Kompumedia selaku Authorized HP Indonesia, dan dapat menghubungi dinomor 021-30020506 dengan contact tata

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: