BCA KlikPay, Permudah Belanja Online dengan OTP

Pernah berbelanja online menggunakan KlikBCA? Bagi beberapa orang selalu membawa token KeyBCA ataupun mengingat PIN untuk token mungkin dirasa merepotkan. Untuk itu, kini BCA mengeluarkan layanan terbarunya, BCA KlikPay. Dengan KlikPay, kerepotan soal token keyBCA bisa dihilangkan. Sebab, pin rahasia yang biasa didapat menggunakan KeyBCA, kini langsung dikirimkan ke ponsel lewat SMS. Jangan kuatir soal keamanannya. Sebab, password ini adalah password satu kali pakai (one time password-OTP). “Password ini cuma bisa digunakan untuk satu kali transaksi di satu merchant,” terang Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa BCA.

Semudah apa sih penggunaan BCA KlikPay ini? Ketika kamu hendak melakukan pembayaran menggunakan KlikPay, kamu akan diminta untuk memasukkan data KlikBCA. Setelahnya, kamu akan mendapat lembar konfirmasi mengenai transaksi yang akan dilakukan. OTP akan dikirim setelah kamu mengkonfirmasi lembar transaksi ini dengan mengklik tombol kirim. Setelahnya, masukkan kode OTP yang masuk lewat sms, dan transaksi pun selesai.

Selain pengguna KlikBCA Individu, pengguna BCA Card atau kartu kredit BCA, pun bisa memanfaatkan layanan ini. Tapi, bagi pengguna KlikBCA individu, token KeyBCA tetap harus dimiliki untuk kelengkapan proses pendaftaran BCA KlikPay ini. Sebab, ketika pendaftaran di KlikBCA, BCVA akan meminta konfirmasi kode yang dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan di KlikPay, email, dan KeyBCA kamu. Setelah ketiga kode ini cocok, barulah KlikPay bisa diaktifkan dan KeyBCA kamu bisa diistirahatkan dirumah. Sementara bagi pengguna Kartu BCA, pastikan bahwa nomor ponsel yang kamu daftarkan di KlikPay adalah nomor ponsel yang kamu daftarkan juga untuk Kartu BCA-mu. Saat ini, kamu bisa menggunakan layanan KlikPay ini di lima merchant, Bhineka.com, Blibli.com, CBN, Gudang Voucher, serta Living Social (DealKeren). Nah, setiap kamu selesai bertransaksi menggunakan KlikPay ini, sebuah notifikasi akan dilayangkan ke email kamu. Dengan demikian, kamu bisa memantau tiap transaksi yang terjadi.

Suwignyo Budiman, Direktur PT Bank Central Asia Tbk, menyebutkan bahwa peluncuran layanan BCA KlikPay ini dilakukan untuk mengakomodasi sebuah habit belanja baru, yakni belanja online. Hanya saja, keluhan yang sering dilayangkan terkait belanja online ini adalah soal kerumitan dan jaminan keamanan pembayaran. Untuk itu, dengan BCA KlikPay ini, Suwignyo berharap dapat memberi alternatif pembayaran mudah dan aman bagi para nasabah BCA yang gemar berbelanja online.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

One thought on “BCA KlikPay, Permudah Belanja Online dengan OTP

  • 06/02/2012 at 17:41
    Permalink

    Betul,yang saya takutkan soal keamanan,,mudah2an bisa dijamin aman,sekian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.