The new iPad Masih Evolusi Bukan Revolusi

Jakarta – Kamis, Rumor seputar iPad baru yang beredar beberapa bulan terakhir dijawab Tim Cook (CEO Apple) bersama timnya dengan mengenalkan The new iPad. Kuat dugaan sebelumnya iPad baru ini adalah generasi ke-3 dari perangkat slate Apple, sehingga banyak yang mengira akan diberi nama iPad 3 atau iPad HD karena punya resolusi tinggi.

iPad anyar yang di perkenalkan di Yerba Buena Center for the Arts, San Francisco, Amerika pada Rabu (7/3) waktu setempat memang mengalami beberapa perubahan meskipun tidak seradikal yang terjadi saat Apple mengubah iPad 1 ke 2. Ukurannya masih 9,7 inci, tapi dengan ketebalan (9,4mm) dan bobot (662g)  yang lebih dibanding pendahulunya. Ukuran keseluruhan The new iPad tetap, yakni berkisar 241 x 186mm dan masih tersedia konektor dock 30 pin. Tidak ada slot kartu MicroSD, Mini Display Port atau konektor Thunderbolt seperti yang dirumorkan.

Resolusi lebih tinggi

Meskipun tidak mengalami perubahan besar dalam hal bentuk, The new iPad tetap hadir dengan pembaruan yang keren. Teknologi retina display yang semula cuma ada di iPhone 4 dan 4S kini bercokol di iPad ini. Ketajamannya memang cuma 264ppi, tapi ia sanggup menampilkan resolusi sampai 2038 x 1536 piksel. Jangan heran kalau gambar atau video yang bisa ditampilkan perangkat ini bakal lebih cerah, terang dan tajam dibanding iPad 2 atau perangkat tablet lain di muka bumi ini. Bicara soal video The new iPad 2 mampu memutar video full HD beresolusi 1080p. Bahkan resolusi video ini masih jauh lebih kecil dibanding resolusi yang dapat didukung layarnya.

 Jaringan super cepat dan baterai hebat

Jika iPad 1 dan 2 masih membenamkan teknologi 3G, maka tidak untuk versi baru iPad. Apple membuat gebarakan baru dengan menyertakan dukungan Long Term Evolution (4G) yang punya kecepatan maksimum 73Mbps. Tapi untuk awal, versi 4G ini baru tersedia di iPad yang dijual di Amerika Utara bekerjasama dengan jaringan operator AT&T dan Verizon.

Tapi, jangan kuatir buat negara-negara yang belum menyediakan jaringan 4G, sebab iPad masih mendukung teknologi HSPA+ (21Mbps) dan CD-HSDPA (42Mbps). Oh ya, iPad baru juga sudah bisa dijadikan mobile Hotspot seperti Android lho, lewat fasilitas Wifi, Bluetooth atau USB.

Sejatinya, jaringan LTE yang ada di iPad akan mudah menguras daya baterai. Untungnya Apple sudah memikirkan hal ini baik-baik dengan mendesain baterainya untuk bisa menyuplai daya selama 9 jam saat dipakai dalam jaringan LTE . Umur baterai ini bsia makin awet menjadi sekitar 10 jam kalau pengguna tidak menggunakan jaringan 4G tadi.

Prosesor tablet paling gesit

Kalau iPad 2 menggunakan prosesor ARM Cortex A9 Dual Core 1Ghz, maka The new iPad dibekali dengan prosesor Apple A5X yang juga punya 2 inti CPU dan 4 inti prosesor (GPU). Apple mengklaim kekuatan prosesor yang juga menggunakan arsitektur ARM ini bisa 2 sampai 3 kali lebih cepat dibanding Tegra 3 milik NVidia.

Kamera

iSight, demikian nama yang diberikan Apple untuk kamera di iPad barunya. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p berkat resolusi kamera hingga 5 megapiksel serta dukungan 5 elemen lensa. Fitur fokus otomatis juga ada di iSight berikut fitur macam face detection, dan penstabil gambar saat merekam video.

Bekal aplikasi jempolan

Apalah artinya hardware canggih tanpa aplikasi hebat. Nah, di versi ini Apple menyertakan banyak aplikasi keren, sebut saja iPhoto untuk menyunting video, iMovie untuk memutar video dan versi baru Garage Band untuk membuat musik.

Ada pula fasilitas Dictation di iPad baru yang disertakan bersama sistem operasi iOS 5.1 terbaru.  Dengan Dictation pengguna bisa “mengatik” hanya dengan cara berbicara tanpa harus menekan keyboard virtual iPad. Saat ini Dictation baru bisa digunakan untuk 4 bahasa, yakni: Inggris, Jerman, Perancis dan Jepang

The new iPad ini bakal resmi tersedia pada 16 Maret 2012 mendatang untuk negara Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Swiss dan Jepang dengan pre-order yang bisa dilakukan sejak kemarin. Belum ada informasi resmi kapan iPad baru akan mendarat di Indonesia.

Sementara harga jual The new iPad resmi adalah sebagai berikut:

Versi Wifi:

  • 16GB  – $499
  • 32GB – $599
  • 64GB –  $699

Versi Wifi + 4G

  • 16GB – $629
  • 32GB – $729
  • 64GB – $829

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

4 thoughts on “The new iPad Masih Evolusi Bukan Revolusi

  • 08/03/2012 at 11:26
    Permalink

    Maaf saya mau tanya, apa tanggalnya tidak salah:

    Ini yang tertulis diartikel ini:
    iPad anyar yang di perkenalkan di Yerba Buena Center for the Arts, San Francisco, Amerika pada Rabu (7/2) waktu setempat

    Bukannya tanggal 7 bulan maret? (bukan bulan 2).
    Thank

  • 08/03/2012 at 18:14
    Permalink

    akhirnya keluar juga iPad generasi ke-3. apakah bisa bertahan dengan gempuran tablet android? apple atau android?? mana yang kamu pilih??

  • 10/03/2012 at 05:58
    Permalink

    iPad selalu menjadi trendsetter di bidangnya…hardware mupun softwarenya.Begitu masuk Indonesia, bakal ikut nguber nih gue 🙂

  • 11/03/2012 at 21:14
    Permalink

    Siap bang edi. Terima kasih ralatnya. Seharusnya memang Rabu (7/3). 🙂 Sudah diperbaiki. Terima kasih sekali lagi karena sudah sudi mampir 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.