HP Sajikan Workstation All-in-One 27” Pertama di Dunia

JAKARTA, KAMIS – Biasanya yang namanya all-in-one itu ya PC. Tapi HP punya ide lain. Worstation terbarunya. Z1, juga dibuat dalam bentuk all-in-one. Maka tak ada tower yang terlihat di sini. Yang ada hanyalah sebuah layar LED 27”. Angkatlah layar tersebut ke atas, dan keberadaan sebuah workstation yang lengkap terkuak.

Ya, inilah workstation all-in-one dengan layar 27” pertama di dunia. Mengapa HP membuatnya? Tak lain adalah alasan penghematan ruang kerja. Maklum ruang kerja makin mahal bukan?

Kendati fisiknya tak memakan banyak tempat, workstation ini tetap mumpuni. Layar IPS 27”-nya misalnya, disebutkan mampu menampilkan 1 miliar warna. Untuk grafis, ia bisa dilengkapi dengan chip nVidia Quadro 4000 atau grafis terintegrasi dari Intel. Sedangkan untuk prosesor, bisa dipilih antara Intel Xeon E3 1200 quad-core atau Intel core i3 2120 dual-core.

“Jadi bisa dikonfigurasi sebagai PC juga,” terang Bimo dari HP Indonesia saat acara peluncuran HP Z1 di Jakarta (15/4/2012). Sistem dual monitor juga bisa diterapkan dengan menambahkan stand opsional.

Dalam kondisi menyala, pengguna boleh membuka casing Z1 untuk melihat bagian dalamnya. “Untuk ganti memori atau storage pun tak perlu pergi service center. Bisa dilakukan sendiri tanpa membuat garansi hangus. Ini kecuali untuk prosesor dan motherboard. Mudah karena tool-less,” jelas Bimo.

Workstation all-in-one HP Z1 dengan chipset Intel C206 ini dipasarkan dengan harga mulai dari US$ 2000, tergantung spesifikasi.

Selain workstation Z1 yang bersifat all-in-one, pada saat sama HP meluncurkan tiga workstation seri Z terbaru yang menggunakan chipset Intel C602 dan prosesor Intel Xeon E5, yakni Z420, Z620 dan Z820. “Desainnya sama dengan produk yang diluncurkan tiga tahun lalu, tapi dengan prosesor dan spesifikasi lebih baru,” kata Bimo.

Z420 merupakan workstation single-core dengan kapasitas memori sampai 64GB. Sementara itu Z620 merupakan workstation dual-processor yang tipis  dengan kapasitas memori maksimal 96GB. Kapasitas memori pada Z820 lebih tinggi lagi, mencapai 512GB DDR3 melalui 16 slot DIMM. X820 ditujukan ke sektor perminyakan dan pertambangan, sementara Z620 ke sektor finansial.

Keempat workstation ini datang lengkap dengan software HP Remote Graphics Software (RGS) untuk melakukan modeling 3D secara remote dengan Internet dan HP Performance Advisor untuk melakukan tuning. HP Z420 dijual dengan harga mulai dari US$ 1500, HP Z620 mulai dari US$ 2000, sedangkan HP Z820 mulai dari US$ 3000.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.