Prosesor Dual Core di SmartTV Samsung

Seorang pengjunjung mencoba fitur Smart Interaction di televisi terbaru Samsung.

JAKARTA, KAMIS – Prosesor dual core bercokol di  SmartTV Samsung yang baru saja diperkenalkan hari ini (26/4) di Jakarta. Tugasnya mengatur beragam fitur yang ada di televisi ini, termasuk mengendalikan perangkat lunak yang jadi teknologi kunci di produk besutan PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) itu.

Prosesor yang berada dalam apa yang disebut Samsung dengan Smart Evolution Kit ini juga bisa diupgrade ke generasi terbaru, misalnya quad core atau yang lebih tinggi. Menurut Marvy Arnold (Head of Audio Visual Product Marketing, SEIN) dengan mengganti Smart Evolution Kit ini pengguna bisa “memperbarui” di SmartTV-nya. “Jadi, cukup ganti Smart Evolution Kit-nya dan TV kita bisa lebih baru, bahkan sampai 2015,” jelasnya.

Smart Evolution Kit ini sendiri salah satu bagian 3 teknologi yang diadopsi Smart TV. Lainnya adalah Smart Content dan Smart Interaction. Bisa dibilang, Smart Evolution Kit merupakan “otak” dari 2 teknologi lainnya tadi.

Di Smart Interaction, prosesor mempu menangani beragam interaksi pengguna terhadap SmartTV Samsung. Interaksi yang dimaksud adalah operasional TV dengan suara, gerakan tangan, dan pengenalan wajah. Ya, televisi canggih ini bisa dioperasikan hanya dengan berbicara kepadanya. Kalau enggan menggunakan remote, kamu bisa menggunakan isyarat tangan untuk melakukan interaksi dengan menu-menu di televisi ini. Bahkan dengan kamera mini yang ada di bagian atasnya televisi ini bisa mengenali wajah pengguna yang ada di depannya.

Itu saja? Belum, sebab Samsung juga punya teknologi yang disebut dengan Smart Content. Sebenarnya ini adalah aplikasi khas yang dikembangkan Samsung untuk seri SmartTV ini. Ada 3 aplikasi di fitur ini, Family Story, Fitness dan Kids.

Family Story berguna buat keluarga yang mau berbagi foto, chatting atau berbagi kegiatan penting bersama keluarga dari produk Samsung lain seperti smartphone. Foto-foto yang dibagi melalui fitur ini juga akan langsung diunggah ke server (cloud) milik Samsung.

Konten Fitness juga tidak kalah menarik. Kamu yang mau hidup sehat tidak perlu menyewa pelatih pribadi untuk mengawasi jadwal olah raga. SmartTV Samsung bisa melakukan hal tersebut, bahkan menuntun kamu yang mau menurunkan berat badan dengan berolah raga bareng SmartTV Samsung ini. Semua proses dan hasil oleh raga yang kamu ikuti di sini juga akan disimpan Samsung ke servernya di internet.

Nah, buat pengguna yang masih memiliki anak usia sekolah pasti suka dengan fitur Kids. Di sini disediakan beragam kegiatan menarik untuk anak-anak, misalnya belajar membaca, mengenal bentuk, menonton video yang mendidik dan lain sebagainya.

Menandai kehadirannya di Indonesia, Samsung menggandeng Telkom untuk memaket layanan Groovia TV-nya bagi calon pengguna SmartTV. Seratus orang pertama akan diberi masa langganan Groovia cuma-cuma selama 6 bulan dan akses internet. Sementara pembeli seterusnya mendapatkan gratis 3 bulan langganan Groovia TV.

Ada 2 model yang akan dijagokan Samsung untuk pasar Indonesia, yakni ES-8000 dan ES-7500. Seri ES-8000 yang punya ukuran 55 inci dipasarkan di kisaran harga 50 juta rupiah.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.