Saturday, March 2, 2024
Berita Teknologi

Lenovo Enhanced Experience 3 Percepat Waktu Booting PC

JAKARTA, JUMAT – Salah satu aspek paling menjengkelkan saat bekerja dengan komputer adalah menunggu booting yang lama. Selama bertahun-tahun, waktu booting ini makin pendek, tetapi tetap masih bisa dipercepat. Eh salah satu alasan mengapa tablet makin banyak dipakai dibandingkan PC adalah juga karena kemampuan instant-on-nya loh.

Nah Lenovo terus berusaha menyingkat waktu booting ini. Versi terbarunya adalah Enhanced Experience 3 (EE3) for Windows 7. EE3 mencakup teknologi RapidBoot, yang dapat memersingkat waktu booting pada komputer yang menggunakan hard disk sampai 40%. Menurut Lenovo, mesin Windows 7 yang dilengkapi dengan EE3 sudah booting dalam waktu rata-rata 24 detik.  Sebagai perbandingan, yang tidak dilengkapi EE3 akan booting setelah rata-rata 41 detik.
Notebook Lenovo yang dipersenjatai EE3 juga memanfaatkan BootShield, yang menunda peluncuran berbagai software sampai sumberdaya sistem tersedia sehingga booting bisa berlangsung lebih cepat. Secara teori, makin banyak software yang terinstal dalam sistem, semakin efektif kinerja BootShield dalam mengoptimalkan waktu booting.

Teknologi EE3 ini tersedia sebagai fitur standar pada komputer Lenovo Think dan Lenovo Idea mulai bulan ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu