Waspada, Ada Angry Bird Space Terinfeksi Malware

JAKARTA, JUMAT – Pengguna smartphone yang ingin main game Angry Birds, berhati-hatilah. Ada malware yang menginfeksi game video lempar burung tersebut.

Ancaman itu diungkapkan oleh pakar deteksi malware di Sophos Lab ketika mereka menemukan edisi terinfeksi dari game Angry Bird Space di app stores Android yang tak resmi. Menurut deteksi Sophos, game itu sebenarnya adalah trojan bernama Andr/KongFu-L. Ia tampak bak versi fully-functional dari Angry Bird Space, tetapi sebenarnya menggunakan Gingerbreak untuk mengeksploitasi dan mendapatkan akses root ke perangkat, lalu meng-instal kode jahat.

“Trojan berkomunikasi dengan situs web remote untuk mengunduh dan meng-instal malware lain ke smartphone Android yang berhasil diterobos,” begitu laporan Sophos.  “Yang menarik, malware itu menyembunyikan payload-nya – dalam bentuk dua file ELF yang jahat – di akhir sebuah file image JPG.”

Sophos menyebutkan bahwa para gamer yang terjangkit malware itu akan berada di tangan “para kriminal cyber” yang dapat mengirimkan instruksi agar preangkat mengunduh lebih banyak kode atau mem-push URL untuk ditampilkan di web browser. Menurut spesialis ancaman malware, ini akan membuat ponsel Android menjadi bagian dari botnet, “ di bawah kendali para peretas yang jahat.”

Sophos juga memperingkatkan para pengguna Android agar mereka waspada saat mengunduh game video dan aplikasi lain dari Android market yang tak resmi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Waspada, Ada Angry Bird Space Terinfeksi Malware

  • 16/04/2012 at 05:56
    Permalink

    thanks gan, tpi hruz donwload d mna yg g ter’infeksi tapi grtis, he….he…..

  • 17/04/2012 at 12:58
    Permalink

    yang paling aman memang tetap dari situs resmi Rovio bang 😀

  • 23/04/2012 at 10:43
    Permalink

    Klo angry bird kan udh tau tuh dari rovio.. Tp klo app lain yg kita ga tau resmi apa enggak nya pas di download gimana tuh agan2?
    Mohon pencerahannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.