Ada SSD Gratis Senilai US$ 230 untuk Kamu

SSD (Solid State Disk) sudah lama digadang-gadang sebagai pengganti hard disk. Namun prosesnya tidak secepat yang kita bayangkan. Pengganjal utama adalah harga. Dibandingkan hard disk, harga SSD jauh lebih mahal, apalagi yang menggunakan tipe memori SLC.  Sebuah hard disk 3,5” dengan kapasitas 1 terabyte bisa diperoleh dengan dana di bawah Rp 1 juta. Kalau dana yang sama dialokasikan untuk SSD, kamu paling-paling mendapatkan kapasitas 64GB. Jauh bukan?

Namun kegegasan SSD tak bisa dipungkiri. Waktu booting, khususnya laptop, sangatlah cepat jika dibandingkan hard disk. Dan karena tak ada komponen yang berputar di SSD, ia juga lebih hemat daya dan juga dingin – vital bagi laptop dan netbook. Absennya komponen yang berputar juga membuat SSD tak rentan rusak akibat guncangan, beda dengan hard disk yang punya piringan dan kepala drive.

Hmm, jika kamu mendambakan booting yang cepat di laptop, pilihannya ya SSD.  Kamu bisa memilih antara lain Kingston SH103S3B berkapasitas 120GB. SSD HyperX 3K ini memadukan controller SandForce generasi kedua dengan Toggle NAND 3000 program-erase cycle, dan menjanjikan kinerja SATA Rev 3.0 (6Gb/s): kecepatan baca sampai 555MB/s dan tulis sampai 510MB/s. Datang dalam kotak alumunium hitam, SSD ini terlihat elegan. 3K akan me-load game dan aplikasi secara lebih cepat, mempercepat frames per second (FPS) pada game, dan transfer dan prosed edit data yang cepat di file besar. Karenanya ia layak dipilih gamer maupun enthusiast yang beranggaran ketat.

Selain di laptop, SSD 2,5” Kingston ini boleh dipasang di PC desktop. Sebab dalam upgrade bundle kit-nya sudah terserta enclosure USB 2,5”, kabel data SATA, obeng multi-bit, software hard drive cloning, sekrup dan bracket 2,5”-to-3,5”. SSD ini bergaransi 3 tahun.

Mau memiliki SSD Kingston ini? Gampang. Jawab dua pertanyaan di bawah ini dan nama kamu akan diikutkan dalam undian. Selain hadiah SSD senilai US$ 230, kamu berpeluang mendapatkan hadiah berupa card reader USB 3.0 Kingston Mobile Lite G3 dan flash disk USB 3.0 16GB.

1. Berapa kecepatan tulis maksimal SSD Kingston HyperX 3K SH103S3B/120G?

A. 555MB/s

B. 510MB/s

 

2. Sebutkan satu rubrik favoritmu di PCplus!

 

Syarat dan ketentuan:

  • Tuliskan jawaban dilengkapi dengan data diri (nama sesuai KTP, alamat lengkap, no telp/HP, alamat e-mail dan fotokopi KTP). Contoh jawaban: 1. A. 2. WhatRocks
  • Jawaban dikirim melalui e-mail dengan subjek “Kuis PCplus 414” ke  [email protected] paling lambat tanggal 5 Juli 2012.
  • Pajak hadiah dan ongkos kirim ditanggung pemenang
  • Nama pemenang akan diumumkan pada PCplus edisi 416. Pemenang akan dihubungi via e-mail dan harus bisa menunjukkan bukti kepemilikan tabloid PCplus edisi 414 yang memuat kuis ini.
  • Kuis ini tidak berlaku bagi keluarga dan karyawan PT Prima Infosarana Media.

       

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.