Resmi Diluncurkan, Tiga Produk Tipis Lenovo

 

ki-ka: Consumer Segment Head PT Lenovo Indonesia Gunawan Halim dan President Director Sandy Lumy memamerkan desktop AIO terbaru Lenovo IdeaCentre A720 yang layarnya bisa ditekuk sampai rata bak meja

JAKARTA, KAMIS – Bulan ini Lenovo memperkenalkan tiga produk tipisnya – satu desktop AIO dan dua ultrabook – ke pasar Indonesia. Peluncuran resminya digelar besar-besaran di sebuah hotel mewah di kawasan segitiga emas Sudirman. “Di-launch besar-besaran karena merupakan produk fenomenal dan bukti bahwa Lenovo adalah perusahaan TI yang terus berinovasi,” kata Sandy Lumy (Presiden Direktur, PT Lenovo Indonesia) dalam acara peluncuran di Jakarta (19/6/2012).

Produk tipis pertama yang diperkenalkan adalah desktop all-in-one (AIO) Lenovo IdeaCentre A720. “AIO ini bisa dilipat, ditekuk sampai 90 derajat, rata. Bisa dipakai untuk bremain musik, piano,” cerita Sandy.

“Desainnya sangat menarik, tertipis, memanjakan panca indera. Nilai estetikanya tinggi, bisa membuat ruangan lebih bagus lagi,” tambah Julius Tjhin (Regional Business Manager, PT Lenovo Indonesia) tentang produk yang mendapatkan penghargaan sebagai 2012 CES Best of Show AIO itu. CES adalah ajang bergengsi tahunan produk konsumer dan hiburan yang diselenggarakan di Las Vegas, AS.

IdeaCentre A720 memiliki layar Full HD frameless 27” yang mendukung resolusi video 1920×1080. “Layarnya bisa dilipat sampai tegak lurus maupun -5 derajat. Touch screen 10-jari dan sudah dibundel dengan software sentuh seperti game Angry Birds, Fruit Ninja, Sudoku, Children’s education. Ini layar 27” tertipis di dunia, 2,45cm,” urai Julius.

Karena juga ditujukan sebagai perangkat hiburan, IdeaCentre A720 sudah dilengkapi dengan Blu-ray disc slot-in, port HDMI in & out, maupun integrated TV tuner. Sebuah webcam HD 720p tertanam di bingkai layarnya. Webcam itu, kata Julius, Skype certified dan sudah dilengkapi software YouCam.

Selain layar yang tipis, keyboard IdeaCentre A720 tampak tipis sehingga menambah serasi penampilan AIO tersebut. Eh keyboard itu tanpa kabel, alias wireless keyboard 2,4GHz.

O ya IdeaCentre A720 yang menggunakan prosesor Intel Core i7 itu disebutkan punya waktu booting yang cepat. “24 detik vs. 41 detik di Windows 7 karena A720 menerapkan Lenovo Enhanced Experience 3.0,” kata Julius. Lenovo Enhanced Experience 3.0 adalah fitur standar hasil kerjasama Lenovo dengan Microsoft dengan tujuan mempersingkat waktu booting pada komputer yang menggunakan media hard disk.

Pilihan warna cerah dihadirkan pada ultrabook terbaru Lenovo IdeaPad U310 dan IdeaPad U410

Produk tipis berikutnya adalah ultrabook, yakni IdeaPad U310 dan IdeaPad U410. “Tebalnya rata dari depan ke belakang,” kata Julius.

“U310 dan U410 merupakan produk unggulan kami. Waktu pertama kali mengeluarkan ultrabook, (Lenovo) menyasar pasar premium dengan harga di atas US$ 1000. Yang ini dibawa ke level mainstream dengan harga terjangkau. Utrabook ini dibuat dengan pilihan warna yang sangat menarik, menggoda. Mudah-mudahan produk-produk baru ini bisa diterima dengan baik,” papar Sandy sambil mengutip prediksi Intel dan lembaga riset independen IDC bahwa ultrabook akan menjadi trendsetter di notebook sampai tahun 2015.

Kedua ultrabook baru Lenovo itu menghadirkan lima pilihan warna: aqua blue, sapphire blue, ruby red, graphite gray dan silver.  U310 memamerkan badan berketebalan hanya 18mm. Ultrabook 13,3” ini berbobot 1,7kg. Sedangkan U410 sedikit lebih tebal, 21mm karena berlayar 14” dengan bobot 1,9kg. Fasilitas standarnya mencakup port USB 2.0, USB 3.0, konektor HDMI, 2-in-1 card reader, webcam HD 720p dan sepasang speaker stereo dengan Dolby Home Theatre V4.

Keduanya juga telah dilengkapi intelligent touchpad, fitur Ultra Smart, dan baterai yang berdaya tahan panjang. U310 ditanami baterai 4-cell 46W yang tahan bekerja sampai 7 jam. Baterai U410 bertipe 3-cell 59W yang berdaya tahan lebih panjang, sampai 9 jam.

Eh apa itu Ultra Smart? Fitur ini bisa melakukan update e-mail, instant messaging, dan status jejaring sosial secara otomatis tanpa memboroskan daya baterai. “Ketika notebook ditutup casingnya, OS akan masuk ke moda tidur, dan ada timer yang bisa diatur untuk membantu membangunkan sistem dan mencari access point Internet, entah itu berbasis 3G atau Wi-Fi. Nanti ketika notebook dibuka, semuanya sudah ter-update,” terang Julius.

Mau tahu harga ketiga produk tipis Lenovo yang menggunakan prosesor Intel generasi ketiga dan sistem operasi Windows 7 Home Premium ini? Ultrabook IdeaPad U310 yang menggunakan grafis Intel GMA 4000 HD dan SSD cache 32GB serta hard disk 500GB dan mendukung teknologi WiDi (Wireless Display) Intel itu dibandrol 6,5 juta. Sementara IdeaPad U410 dengan grafis Nvidia GeForce 610M 1GB, SSD cache 32GB, hard disk 750GB dijual Rp 9,5 juta. Desktop AIO Lenovo IdeaCentre A720, tergantung spesifikasi, akan dihargai mulai dari Rp 18,7 juta.

Ketiga produk tipis ini baru tersedia di pasar mulai bulan Juli 2012.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.