Tuesday, March 5, 2024
Review HardwareReview Produk

Review Speaker Krator Neso N2-21030

Sejujurnya, ketika pertama melihat speaker ini, PCplus menyangka ia adalah salah satu varian dari speaker keluaran pabrikan speaker yang berada di Singapura. Namun, setelah melihat dengan lebih teliti, speaker ini memiliki merek Krator. Selidik punya selidik, speaker yang penampilannya cukup unik ini ternyata diproduksi di Taiwan. Tipe yang mampir ke lab PCplus adalah Neso N2-21030 yang termasuk dalam jajaran Neso 02 milik Krator.

Krator Neso N2-21030 memiliki desain yang unik, yakni driver speaker yang sudut tembaknya dinaikkan sedikit agar suara keluarannya lebih maksimal. Ini terutama untuk satelitnya yang biasa diletakkan di meja dengan posisi lebih rendah dari telinga. Dengan driver yang agak mendongak, maka suara bisa lebih diarahkan ke telinga. Agar seragam, desain subwoofer Krator Neso N2-21030 juga dirancang demikian meskipun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Nada rendah merambat secara omni directional.

Yang sangat disayangkan dari desainnya adalah satelit kanan “menyatu” dengan subwoofer-nya yang terhubung dengan sebuah kabel cukup tebal. Ini karena semua pengaturan speaker, seperti volume, bass, dan treble berada di satelit sebelah kanan. Desain ini juga menyebabkan kamu tidak bisa meletakkan satelitnya terlalu jauh dengan subwoofer.

Beralih soal suara, set speaker aktif 2.1 Krator ini mereproduksi nada tengah dan atas dengan cukup baik. Meskipun kurang bersih, nada atasnya punya jangkauan yang cukup lebar. Sementara nada tengahnya terdengar solid walaupun kurang tebal, terutama untuk genre lagu yang banyak mengandalkan suara vokal. Nada rendah yang dihasilkan driver subwoofer berukuran 5,25” ini termasuk bertenaga dan cukup bisa diajak dugem. Secara keseluruhan, kualitasnya cukup baik, terutama untuk musik berjenis dance/disko.
(kar)

 

Spesifikasi

Konfigurasi2.1
Ukuran Driver Satelit2,5˝
Ukuran Driver Subwoofer5,25˝
Frequency Response40-20000Hz
Daya Keluaran30W RMS
KontrolVolume, bass, treble
Bobot± 1kg
Konektor3,5mm jack stereo plug (gold plated)
Situs webglobal.krator-global.com
Garansi1 Tahun (1 to 1 replacement)
Harga*Rp980.000

*Overkill Parts (021) 4500881

 

+ Suara cukup bagus, bass bertenaga.

Kabel satelit kanan permanen, harga cukup tinggi untuk 2.1.

 

Rating 7,5

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu