Tersedia, Parental Control untuk Perangkat Mobile

JAKARTA, RABU –  Berbagai konten tersedia di Internet. Ada yang cocok untuk anak-anak, ada yang sebaiknya hanya dikonsumsi kaum dewasa. Bagaimana memilahnya? Pakailah fitur Parental Control yang bisa membatasi akses ke situs-situs tertentu maupun melakukan pemblokiran berdasarkan kata kunci teretntu. Sistem operasi Windows memiliki fitur ini. Software antivirus biasanya juga membekalkan Parental Control. Itun di PC.

Bagaimana dengan di tablet berbasis iOS (iPad) maupun Android? Atau di smartphone? Ada juga kok. Tapi ternyata software Parental Control jarang dimanfaatkan sang orang tua yang anak-anaknya mengakses Web dari tablet maupun smartphone, bahkan komputer. Menurut survei Harris Interactive, Cuma 10% orang tua yang menggunakannya di PC. Di tablet? Ada, tapi hanya 9%. Di smartphone lebih sedikit lagi, yakni 4% saja.

Kok begitu? Sebab, begitu lansir Harris Interactive Survey, hanya 20% orang tua yang peduli anaknya mengakses atau mengunduh konten tak sehat dari Internet.

Nah, agar orang tua lebih perhatian dengan anak-anaknya yang punya akses ke Internet via tablet atau smartphone, Kaspersky meluncurkan Parental Control versi mobile. Ada dua versi yang diumumkan: untuk smartphone dan tablet berbasis Android, dan untuk perangkat berbasis iOS (Apple iPhone dan iPad).

Yang sudah tersedia saat ini adalah Parental Control untuk iOS. Selama masa peluncuran beta, kamu bisa mengunduhnya gratis di App Store. Sementara Parental Control untuk Android akan tersedia secepatnya di Android Market.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.