Standar Modul Storage Baru Hadir, Pastikan HDD akan Kian Tipis

JAKARTA, SELASA – Makin ramping, dan terus makin ramping. Begitulah yang diharapkan dari dunia elektronik konsumer. Maka hard disk pun diharapkan kian tipis, tetapi dengan kapasitas kian tebal.

Dalam kaitan untuk mewujudkan hal tersebut, SATA-IO (Serial ATA International Organization) baru saja mengumumkan selesainya versi baru dari standar USM (Universal Storage Module) yang memungkinkan konsumer untuk dengan mudah dan cepat meningkatkan kapasitas storage perangkat mobile-nya. Spesifikasi USM Slim mengungkap dimensi yang lebih tipis, 9mm, yang menjadikannya solusi ideal untuk ultrabook, tablet dan perangkat portabel lain.

Seperti spesifikasi USM original, yang menentukan ketinggian 14,5mm, USM Slim menentukan bagaimana para pengembang dapat mendesain slot-slot yang menerima perangkat storage eksternal dengan antarmuka SATA terintegrasi di produknya.  Slot dan perangkat storage ini memungkinkan konsumer untuk mengakses konten dari beragam produk dan mentransfer konten tersebut antar perangkat tanpa bantuan kabel atau daya tambahan. Antarmuka SATA terintegrasi mendukung kecepatan transfer sampai 6GB/s – atau kecepatan dan kehandalan yang sama yang ditawarkan oleh hard disk dan perangkat berbasis SATA lainnya.

Saat ini, spesifikasi USM Slim tersedia gratis bagi para anggota SATA-IO. Spesifikasi ini juga akan tersedia bagi industri sebagai bagian dari rilis SATA Revision 3.2, yang diharapkan SATA-IO akan tersedia tahun ini juga. Sementara waktu, para manufaktur sudah mulai mengembangkan produk USM Slim. Seagate misalnya, sudah mengapalkan drive eksternal Slim 500GB. Merek-merek lain pasti menyusul.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.