D-Link DIR-505, Si Mungil yang Serba Bisa

Serba bisanya router ini terlihat dari tiga mode yang bisa dilakukan oleh DIR-505, yaitu sebagai router, repeater, dan Wi-Fi Hotspot

Jakarta – Buat kamu yang doyan bepergian dan membutuhkan perangkat router/ acces point yang praktis, D-Link All-in-one Mobile Companion DIR-505 mungkin bisa jadi pilihan. Dengan router mobile ini kamu tetap bisa terhubung ke berbagai prangkat nirkabelmu dengan mudah. Cukup hubungkan D-link DIR-505 ke sumber listrik yang ada maka semua perangkatmu siap terhubung dan saling berbagi.

Dalam fungsinya sebagai Access Point, DIR-505 memang bisa menghubungkan perangkat-perangkat nirkabel kamu. Tapi, ketika digunakan dalam mode Access Point, DIR-505 tidak memberikan fasilitas routing Internet. Perangkat yang sudah tersambung dengan AP ini bisa saling berkomunikasi secara nirkabel. Selain, sebagai access point, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai WiFi Hotspot. Caranya, cukup pindahkan tuas ke mode WiFi Hotspot colokkan kabel LAN, maka WiFi pun segera tersedia.

Selain sebagai WiFi Hotspot, perangkat ini juga bisa jadi repeater loh. Jadi, ketika di rumahmu sudah terpasang WiFi dan koneksinya melemah di salah satu sudut ruangan, kamu tinggal mencolokkan DIR-505, geser tuasnya untuk mengubah fungsi perangkat sebagai penguat sinyal. Dengan segera, ruangan yang minim sinyal WiFi dari jaringan rumah, menguat sinyalnya.

Port USB pada D-Link DIR-505 ini bisa digunakan sebagai charger dan USB sharing lewat flashdisk ataupun hardisk eksternal

Mobile Companion ini juga dilengkapi kemampuan USB sharing menggunakan sinyal WiFi. Jadi, kamu yang akan memudahkan kamu berbagi video, musik, dan foto dari perangkat eksternal hard drive atau flash drive dengan perangkat iPad, iPhone, atau Android. Fitur ini dinamakan SharePort Mobile. Pengguna iOS dan Android dapt mengunduh apliaksi agar bisa men-streaming musik, video, dan foto dari perangkat ini. USB port router ini juga bisa digunakan untuk mengecas baterai perangkat mobile loh. Asyik ya?

Sebagai router portabel, D-Link All-in-one Mobile Companion DIR-505 ini cuma seukuran charger ponsel. “Menilai dari ukuran dan kemampuannya, All-in-one Mobile Companion ini dapat diibaratkan seperti Swiss Army knife-nya perangkat nirkabel, memuat sejumlah kemampuan jaringan ke dalam satu perangkat dengan ukuran cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku atau tas laptop Anda,” ujar Estella Tan, Sales Director, D-Link International Pte Ltd.

Salah satu optimisme D-Link terhadap perangkat router nirkabelnya ini, terletak pada tren penjualan  tablet dan perangkat mobile lain yang meningkat di seluruh dunia. Diharapkan penjualan tablet tahun ini meningkat 98% dari tahun sebelumnya, seperti diprediksikan Gartner, sebuah lembaga analis terkemuka. Ini berarti  diharapkan total penjualan tablet di tahun 2012 mencapai 118.9 juta unit. D-Link All-in-one Mobile Companion DIR-505 tersedia mulai Juli 2012 di mitra penjual dan distribusi terdekat.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.