Gmail Kalahkan Popularitas Hotmail

JAKARTA, SENIN – Apa layanan e-mail yang kamu pakai? Gmail? Jika ya, berarti kamu termasuk dari salah satu pengguna layanan e-mail milik Google yang menjadikannya layanan e-mail terbesar di dunia saat ini. Hotmail  kalah, begitu menurut angka yang dilansir dalam salah satu blog Google pekan lalu.

“Gmail, yang diluncurkan tahun 2004, telah berubah dari sebuah layanan e-mail yang sederhana menjadi moda utama komunikasi bagi lebih dari 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia,” tulis Google SVP for Chrome and Apps, Sundar Pichal.

Google tidak bersedia secara independen memverifikasikan bahwa ia sudah menaklukkan layanan e-mail Microsoft yang populer, tetapi jika angka-angka yang diterbitkan itu benar maka Gmail tumbuh pesat. Januari lalu, menurut Google, baru ada 350 juta pengguna aktif.

Peningkatan tajam ini diduga akibat kian banyaknya ponsel Android. Ponsel-ponsel ini mengharuskan adanya akun Google jika penggunanya ingin mengakses app store Google Play. Menurut Google, sampai saat ini  tercatat ada 400 juta ponsel Android yang terjual.

Sekadar catatan, bulan lalu grup analisis internet Comscore melaporkan bahwa per Mei Google memiliki 289 juta pengguna, Hotmail  325 juta pengguna, dan Yahooo 298 juta pengguna.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.