Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Ini Dia 10 Pekerjaan TI yang Paling Keras Tuntutannya

JAKARTA, JUMAT –  Menurut kamu apa bidang pekerjaan TI yang tuntutannya paling tinggi? IT Security? Benar, tapi ini tidak berada di urutan paling atas. Application/Software Developer? Juga tidak salah, tapi ia juga tidak berada di puncak urutan. Jadi apa dong?

Menurut laporan bertajuk The Most Always-On  IT Jobs yang dilakukan oleh Emerson Network Power, ada 10 pekerjaan bidang TI yang sangat tinggi tuntutannya, yang pekerjanya diharapkan selalu siap sedia bekerja (always-on) kapan saja.  Begini urutannya:

 

1.     Executive Director/Administrator

2.     IT Procurement

3.     CIO

4.     IT Manager/Director

5.     IT Operations

6.     Data Center Manager

7.     Engineering

8.     IT Security

9.     Applications/Software Development

10.  Database Management

 

Secara umum, survei Emerson Network Power mengungkapkan:

– Semua pekerjaan TI menuntut kesiapan kerja tinggi (Always-On), dengan nilai Always-On 71 dalam skala 100.

– Rata-rata, setiap minggu (168 jam) profesional TI dituntut siap bekerja selama 119 jam (5 hari penuh).

– Secara umum, semakin tinggi jabatan semakin tinggi pula tuntutan Always-On mereka

Hasil ini didapat dari survei online yang diadakan pada Februari 2012 dengan responden dari profesional TI yang dipilih secara acak dari daftar yang didapatkan dari vendor sampel, EMI Online Research Solutions. Sampel ini lalu ditimbang dan diberi bobot berdasarkan industri dan besarnya perusahaan untuk merepresentasikan populasi asli profesional TI di Asia, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Serikat. Jawaban didapatkan dari 792 orang, 17 jenis atau tingkat pekerjaan, 18 industri dan perusahaan berbagai ukuran di Asia, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Serikat.

 

Blake Carlson, Vice President IT Business Segment, Avocent Products & Services, Emerson Network Power, mengatakan, “TI adalah pekerjaan yang penuh dengan tuntutan. Para pekerja TI harus pintar, fleksibel dan cepat, tidak jauh berbeda dengan teknologi yang mereka tangani. Ditambah lagi, mereka harus bisa menangani berbagai pekerjaan di saat bersamaan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sumber daya terbatas atau bahkan tidak memadai. Berdasarkan pengalaman saya, profesional TI adalah orang spesial.”

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu