Kamera Super 4K Seukuran Batu Es

JAKARTA, SELASA – Pernah dengar tentang RED? Ia adalah perusahaan yang membuat kamera resolusi tinggi 4K EPIC yang digunakan semua produsen film fancy saat ini. Namun yang menarik adalah bagian 4K-nya.

Sebagai info, 4K adalah resolusi standar di dunia cinematografi digital dan grafis komputer. Nama ini diturunkan dari resolusi horisontal, yakni kira-kira 4000 piksel (ini beda dengan apa yang dipakai di industri televisi digital, yang diwakili oleh hitungan piksel vertikal).

Nah, sebuah perusahaan Canada bernama Point Grey baru saja meluncurkan apa yang disebutnya “kamera USB 3.0 4K terkecil di dunia.” Ukurannya benar-benar mungil, 2,9×2,9×3 cm. Fisiknya mirip batu es. Namun ia didesain untuk menangkap image berwarna 4096×2160 pada 21 frame per detik.  Perangkat ini dikoneksikan ke PC via SuperSpeed USB 3.0.

Kamera dengan seri FL3-U3-88S2C ini memanfaatkan sensor Sony yang baru, IMX121, dengan arsitektur CMOS “Exmor R” back-illuminated. Mau tahu harganya? Hanya US$ 945.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: