Smartfren Perkuat Jaringan di Sumatera

Jakarta – Sebagai salah satu penyedia telekomunikasi di jaringan cdma, Smartfren terus mengekspansi jaringannya, terutama di Sumatra. Rencananya 4martfren akan menamabah 1600 BTS di kawasan Sumatra. Ekspansi jaringan ini termasuk penambahan gateway di Batam sebesar 80Gb. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan performa jaringan Smartfren. Hal ini disampaikan Merza Fachys, Direktur Teknik Smartfren, dalam jumpa pers Rabu (18/7) di The Cone,FX, Jakarta.

“Untuk pulau Jawa, saat ini sudah dapat kita cover semua. Langkah selanjutnya, aggresive expansion ke Sumatra,” paparnya. Smartfren sendiri mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan dalam setahun terakhir. Tercatat, dari 3630 BTS pada kuartal dua 2011, smartfren berhasil menambah 845 BTS. Penambahan ini turut meningkatkan kapasitas jaringan EVDO Smartfren, dari semula berkapasitas 2,2juta pengguna, jadi 3,2 juta pengguna.

Selain itu, penambahan BTS tersebut dijelaskan Mirza merupakan penambahan BTS dengan jaringan EVDO rev A. Layanan EVDO rev A ini dijelaskan Mirza memiliki kecepatan setara teknologi 3,5G milik GSM. Dimana teknologi ini punya kecepatan maksimal hingga 3,1Mbps. Beberapa BTS bahkan telah dilengkapi dengan layanan EVDO Rev B dengan kecepatan maksimal 14Mbps. Untuk Pulau Jawa, Smartfren juga sedang giat menanam fiber optik untuk meningkatkan layanannya terutama di wilayah Jabodetabek. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2013. Peningkatan jumlah pelanggan ini menurut Merza terjadi sejak peluncuran data connex pada 2011. Ini adalah program data yang dikenal dengan slogan “Anti Lelet”. Untuk itu Smartfren menargetkan penambahan pelanggan hingga 10juta pengguna pada 2013.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.