Ucapkan Saja Perintah, dan Perangkat akan Menurutinya

JAKARTA, JUMAT – Bicara ke mobil dan smartphone tidak lagi seaneh beberapa waktu lalu. Ini berkat sistem hiburan in-car dan juga produk seperti Siri dan Google Now. Tapi kalau kamu bicara ke tembok di rumahmu pasti kamu disangka tak waras bukan?

Tapi sebentar lagi kamu bisa melakukannya tanpa dianggap kurang waras. Adalah perusahaan bernama iSpeech yang berusaha mewujudkannya. Perusahaan ini telah meluncurkan platform pengenal suara “mirip-Siri” untuk rumah yang terkoneksi.

Tujuannya adalah memberikan para penghuni rumah tersebut kemampuan untuk menggunakan suaranya untuk mengontrol benda-benda seperti HDTV, perangkat dapur, dan lain-lain. Pengatur suhu AC (termostat) dan pencahayaan pun dapat dikendalikan melalui suara, begitu pula mesin cuci dan juga sistem sekuriti rumah. Semuanya didasarkan pada perintah bahasa alamiah, jadi kamu tidak perlu menghafal banyak perintah aneh untuk membuat suatu perangkat bekerja.

Saat ini, iSpeech mendukung 26 bahasa dan dapat mendukung perintah suara seperti ini:

“Watch ESPN” atau “Find movies starring Tom Hanks”
“Record American Idol”
“Turn on stereo and play Lady Gaga”
“Set temperature in house to 70 degrees” or “What’s the temperature in the house now?”
“Turn off the lights in the living room”
“Turn on the alarm”

Platform ini kemungkinan baru hadir paling cepat satu tahun lagi. Namun belum jelas apakah ia akan bekerja dengan baik dengan aplikasi smartphone.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: