SIRI Bakal Hadir Di Desktop MAC

siriJakarta, PCplus – SIRI atau teknologi pengenal suara pintar yang saat ini ada di iOS nampaknya bakal segera ditularkan Apple ke produk lainnya yang berbasis Mac OS. Hal tersebut terlihat dari rancangan paten baru yang sedang disiapkan oleh perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini. 

Seperti dikutip PCplus dari AppleInsider.com, dokumen setebal 92 halaman yang dipublikasikan US Patent and Trademark Office pada Kamis (7/8) lalu menunjukkan bahwa Apple akan memasukkan teknologi asisten pintar di lingkungan desktopnya. Kendati tak spesifik disebut sebagai SIRI, tapi fitur ini diduga kuat memiliki mesin pintar SIRI, karena dioperasikan lewat perintah suara dan menggunakan server basis data yang sama dengan SIRI.

siri-patent
Dokumen paten Apple yang memasukkan fitur SIRI ke dalamnya. (dok. US Patent and Trademark Office/AppleInsider)

SIRI di desktop Apple ini nantinya bakal memiliki beragam kemampuan pintar seperti menyelesaikan perintah, memasukkan dan memanggil data, dan melakukan  pencarian. Ia juga bisa mengingat konteks unik yang sering disebut oleh penggunanya.

Konteks unik tadi kemudian dipadukan dengan mouse atau titik sentuh untuk mengirim perintah ke obyek di dalam sistem operasi. Misal saja, kamu sedang memilih sebuah folder menggunakan mouse, dengan perintah suara  menyalin (copy) MAC bisa langsung melakukannya tanpa bantuan klik mouse.

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi dari Apple tentang peluncuran resmi SIRI di desktop. Versi OS X 10.10 (Yosemite) yang akan meluncur pun tercatat belum memiliki fasilitas SIRI ini.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: