Psst, Tablet Windows 8 Lenovo Siap Beredar

JAKARTA, JUMAT – Lenovo, produsen komputer asal Cina, telah mengumumkan bahwa tablet Windows 8 pertamanya akan hadir di AS Oktober mendatang. Diungkap di Computex Juni lalu, Thinkpad Tablet 2 menyajikan layar sentuh 10” dengan ketebalan badan 9,8mm dan bobot 600 gram.
Tablet ini merupakan penerus Thinkpad Tablet pertama, yang dipasarkan sekitar setahun lalu. Ketika itu, Lenovo membekalinya dengan prosesor ARM dan sistem operasi Google Android 3.1 Honeycomb.

 

Sementara itu ThinkPad Tablet 2 akan menggunakan prosesor Intel Atom dengan nama kode Clover Trail dengan sistem operasi Windows 8 Professional. Peralihan merek prosesor ini, menurut Lenovo, adalah karena kompatibilitas ke belakangnya dengan program-program Windows yang sudah ada.

 

Fitur lainnya adalah kamera depan dan belakang, kemampuan wireless video streaming, dan port USB dan HDMI agar high-definition TV dan periferal seperti printer bisa dikoneksikan ke tablet. Sebagai moda input yang lebih presisi, disediakan stylus. Sementara untuk menjaga keamanan,  ditanamkanlah fingerprint reader.  Tablet tersebut juga bisa dikelola secara remote oleh para manager TI, begitu kata Lenovo.

Thinkpad Tablet 2 akan disertai 3G (opsional). Untuk kawasan AS, koneksi 4G menjadi opsi pada tablet . Opsi lainnya adalah dock keyboard yang bisa mengubah tablet menjadi ala laptop biasa.

Sayang belum ada kabar tentang harga Lenovo ThinkPad Tablet 2 maupun tanggal tepat peluncurannya. Tapi sepertinya akan di sekitar tanggal peluncuran Windows 8 yang dijadwalkan 26 Oktober.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.