Thursday, February 22, 2024
Berita Teknologi

Kaspersky Lab Patenkan Tiga Teknologinya

JAKARTA, JUMAT – Tiga teknologi baru, termasuk teknologi untuk  proxy server-side antivirus scanning atas data yang diunduh dari jaringan, telah dipatenkan Kaspersky Lab.  Satu paten dikeluarkan di Rusia, sedangkan dua lainnya di AS.

Hak Paten 2449348, dikeluarkan di Rusia, merupakan sistem dan metode untuk server-side antivirus scanning atas data yang diunduh dari jaringan. Teknologi ini menganalisis parameter utama dari file yang diunduh dan menilai legalitas sumber dari data baru tersebut.

Jika sumber data yang diunduh tidak jelas atau mengandung kode berbahaya, data akan diunduh ke proxy server dan dilakukan malware scan. Sebaliknya, jika data itu tidak mengandung kode berbahaya, scanning dilakukan di komputer pengguna. Dibandingkan scanning pada server atau komputer jarak jauh, teknologi ini lebih efisien dan hemat sumberdaya.

Paten nomor 8181253 diambil di AS. Paten ini merupakan sistem dan metode untuk mengurangi risiko keamanan TI dalam jaringan komputer. Teknologi ini memberikan alat untuk menilai potensi bahaya yang berhubungan dengan aktivitas pengguna berdasarkan sejumlah parameter: aktivitas karyawan di meja kerjanya, hubungan antara karyawan dan karyawan lain, dan informasi lain. Hasil penilaian dapat digunakan untuk membuat kebijakan keamanan informasi yang fleksible, termasuk pengaturan modul antivirus, tingkat akses dan lain-lain.

Paten ketiga, paten nomor 8209740, juga dikeluarkan di AS. Paten ini merupakan sistem dan metode untuk mengatur akses ke sumberdaya dalam jaringan komputer perusahaan atau segmen khusus dari jaringan menggunakan agen administrasi, yang diinstal pada komputer, yang khusus didesain untuk menjalankan sistem dan metode ini. Pada tahap awal pengoperasiannya, teknologi ini menentukan topologi jaringan perusahaan dan mengkalkulasi tingkat kinerja tiap komputer. Agen administrasi diinstal komputer dengan kinerja tertinggi dan digunakan oleh server administrasi untuk mengatur akses ke sumber daya pada jaringan perusahaan.

Kaspersky Lab saat ini mengantongi paten terhadap lebih dari 110 teknologi terkini di Rusia, Amerika Serikat, Eropa dan Cina. Dan masih ada lebih dari 160 permintaan paten lain yang sedang diajukan di berbagai negara.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu