Percepat Booting, SanDisk Hadirkan Solusi Caching SSD

JAKARTA, KAMIS – Kalau kamu sudah memasang SSD (solid state disk) di komputer desktop, tapi merasa kinerjanya masih kurang menggigit, mungkin kamu perlu solusi dari SanDisk ini. Tidak perlu ganti komputer. Juga tidak perlu ganti hard disk. Cukup SanDisk Ready Cache yang disebutkan bisa secara signifikan meningkatkan kinerja komputer desktop, khususnya waktu booting, shutdown dan peluncuran aplikasi.

SanDisk menjanjikan booting sampai 4x lebih cepat dibandingkan hanya memakai satu hard drive.  Pun tak ada batasan kapasitas hard disk yang dipakai. Selain itu peluncuran aplikasi disebutkan dapat 12x lebih cepat, yang pasti menyenangkan untuk bermain game atau membuka aplikasi multimedia. Multitasking tak akan menjadi masalah.

SanDisk ReadyCache juga dapat menarik data dari beberapa hard drive, sehingga peningkatan kinerja terjadi secara konsisten ketika lebih dari satu hard drive dipasang. Semua data yang berada dalam cache juga ada di penyimpanan utama, sehingga membantu mencegah kehilangan data jika solusi caching nanti di-uninstall.

Yang perlu diingat, solusi SanDisk tersebut ditujukan untuk PC desktop yang dipasangi SSD 2,5” 32GB dan hard disk desktop dengan sistem operasi Windows 7. Wujudnya adalah software  ExpressCache besutan  Condusiv Technologies. Software ini dijual eksklusif oleh SanDisk. Kamu bisa mengunduhnya di situs SanDisk.

Setelah menginstal SSD dan software tersebut, algoritma caching mutakhir dari solusi SanDisk ReadyCache otomatis akan mengelola data dengan melakukan caching file yang sering digunakan untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

O ya, kamu tidak perlu mengganti hard drive yang sudah ada, menggandakan sistem operasional, melakukan instalasi yang panjang, atau migrasi data. Sebab produk ini telah dilengkapi dengan perangkat instalasi, termasuk kabel SATA 6Gb/s, braket pemasangan dan sekrup, dan software yang mudah diinstal.

SanDisk ReadyCache akan tersedia pada akhir September 2012, dengan garansi tiga tahun dengan harga ecaran Rp 549.000.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.