Thursday, February 22, 2024
Review HardwareReview Produk

Review Hard Disk Seagate Barracuda XT 2TB

Para fanatik hard disk Seagate tentu hafal bahwa Barracuda XT merupakan varian hard disk desktop yang amat cepat di kelasnya. Tak heran bila seri ini banyak disukai para pemain game atau profesional, meskipun perbedaan harganya terbilang cukup jauh (sekitar Rp700 ribu) dibandingkan dengan varian Seagate non-XT dengan kapasitas yang sama.

Seagate Barracuda XT ini hadir dengan sejumlah kapasitas. Nah, rupanya model dengan kapasitas 2TB cukup laku di pasaran, padahal selisih harganya “hanya” sekitar US$50 dengan yang 3TB. PCplus menilai banyaknya motherboard lama yang belum mendukung teknologi UEFI–memberikan dukungan akan media penyimpanan yang lebih besar dari 2TB–membuat penggunanya memilih kapasitas 2TB ini.

Barracuda XT didukung cache 64MB untuk mengoptimalkan pengantaran data dan model terbaru yang PCplus coba juga sudah mendukung koneksi SATA 6Gbps dengan controller yang disempurnakan. Model ini pun tampak bekerja lebih senyap dalam menggerakkan 4 cakramnya berkat motor SoftSonic yang mampu meminimalkan efek gerakan fisik. Bagusnya lagi, Seagate membuat agar konsumsi daya saat drive aktif hanya sekitar 6,4Watt untuk menekan panas yang muncul.

Catatan skor yang ditampilkan Barracuda XT 2TB menunjukkan proses bacatulis yang kini tak berjarak jauh. Agaknya controller dan firmware sudah semakin baik sehingga kinerja lebih optimal. Memang, belum bisa menandingi seri Raptor terbaru dari WD, namun dengan harga yang lebih rasional tentunya Barracuda XT 2TB jadi lebih menarik, bukan?
(dap)

 

Hasil Uji

CrystalDiskMark 3.0.1
1GB Sequential Read145,5 MB/s
1GB Sequential Write142 MB/s
ATTO Disk Benchmark
4KB Transfer Size Read51,7 MB/s
4KB Transfer Size Write47,4 MB/s

 

Spesifikasi

Kapasitas2TB
InterfaceSATA 6Gbps
Buffer/Cache64MB
Kecepatan Rotasi7200RPM
Bobot688gr
Situs webhttp://www.seagate.com
Garansi2 Tahun
Harga*US$213

*Aneka Inti Makmur (021) 62301456

 

+ Kinerja cukup tinggi, masa garansi lumayan.

Selisih harga cukup jauh dengan versi non-XT.

 

Rating  7,9

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu