Ini Dia Jawaban Facebook untuk Hoax Meme

JAKARTA, RABU –Ada yang bingung dengan meme Facebook? Meme terkait perubahan hak kepemilikan informasi pengguna Facebook itu menyebar dengan cepat beberapa hari belakangan ini melalui jejaring social Facebook. Jutaan pengguna jejaring social populer ini mem-posting ulang meme itu.

“Sebagai respon terhadap panduan Facebook baru, dengan ini saya menyatakan bahwa hak cipta saya ditempelkan ke semua rincian pribadi saya yang ada dalam profil personal dan bisnis saya, termasuk tetapi tidak terbatas pada: semua posting, update status, komentar, ilustrasi, lukisan, gambar, karya seni, foto, musik, video, dan lain-lain seperti tercakup dalam Konvensi Berne untuk Perlindungan Karya Tulis dan Seni,” begitu tertulis dalam meme palsu tersebut.

“Untuk penggunaan komersial dari semua yang di atas, ijin tertulis saya dibutuhkan untuk setiap kejadian dan pada setiap saat. Melalui surat ini, saya memberitahu Facebook bahwa terlarang untuk mengungkap, menyalin, menyebarkan, atau melakukan aksi apa pun yang melawan saya berdasarkan ptogil ini dan/atau isinya.”

Sekadar pengingat, peringatan hak cipta viral ini pertama kali melanda Facebook pada bulan Mei dan Juni. Ketika itu meme berhasil dibungkam. Namun kini meme melakukan aksi balas dendam  dan menyebar kembali dengan cepat.

Lalu bagaimana respon resmi dari Facebook? Ini dia.

“Tersebar rumor bahwa Facebook melakukan perubahan terkait dengan kepemilikan informasi pengguna atau isi yang mereka posting ke situs. Ini tidak benar,” begitu pernyataan Facebook. “Siapa pun yang menggunakan Facebook memiliki dan mengendalikan isi dan informasi yang mereka posting, seperti tercantum dalam kebijakan kami. Mereka yang mengendalikan bagaimana konten dan informasi dibagi-pakai. Inilah kebijakan kami, dan selalu demikian.”

Sebenarnya sih, ketika kamu setuju dengan kebijakan jejaring social ini, kamu sudah member kuasa pada Facebook untuk menggunakan, menyebarkan atau membagi-pakai item-item yang di-posting. Dengan kata lain, status quo ini tidak bisa diubah hanya dengan melakukan copu and paste sebuah update status.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.