Tuesday, March 5, 2024
Review HardwareReview Produk

Review Tablet Tabulet Beat duos

Sebelumnya PCplus pernah mencoba Tabulet Beat 2 (pada edisi 420) yang sebenarnya cukup lumayan meski hadir dengan spesifikasi kurang greget. Untuk itulah versi “duos” dirilis Tabulet untuk menjawab berbagai kelemahan sebelumnya. Julukan “duos” sendiri merupakan gambaran dari konsep serba ganda dibandingkan versi Beat awal sehingga perkiraan PCplus tablet ini seharusnya menarik seperti yang dikatakannya.

Kali ini layar 7˝ di Tabulet Beat duos ternyata jauh lebih lebih cemerlang dan tak silau berkat pemakaian lapisan anti silau yang membuatnya tetap enak dilihat dari sudut 150°. Setidaknya teknologi ini mirip dengan panel layar IPS yang juga digunakan tablet papan atas. Kini, layar juga terlihat lebih timbul dibandingkan Tabulet Beat 2 yang masih tenggelam sehingga menyulitkan akses menu di bagian pojok. PCplus juga makin suka dengan ukurannya yang lebih tipis dan lebih ringan dibanding sebelumnya.

Soal koneksi input dan ouput (I/O) dan fitur lainnya mungkin tak banyak yang berbeda di Tabulet Beat duos, termasuk koneksi data yang hanya menawarkan saluran WiFi dan 3G eksternal. Tidak ada jaringan seluler. Tidak ada juga Bluetooth. Untuk itulah disediakan kabel USB On-the-Go yang juga bisa dipakai buat membaca storage eksternal sampai kapasitas 2TB, namun ini bukan perubahan utama.

Upgrade signifikan ternyata dilakukan pada dapur pacu yang kini sudah memakai prosesor dual core 1,2GHz (arsitektur Arm Cortex A9) yang bisa dipacu sampai 1,5GHz, memori utama 1GB, dan media penyimpanan 8GB. Inilah peningkatan ganda yang membuat tablet keluaran 2012 ini dijuluki “duos”.

Meskipun lebih bertenaga, Tabulet mengklaim Beat duos menghasilkan panas minimal dan punya daya tahan baterai yang lama. Ada juga fitur dual HD video decoding DSP yang memungkinkan keluaran ke layar TV LCD lewat HDMI ditampilkan lebih gegas, serta ideal untuk tayangan definisi tinggi. Fitur ini juga diklaim bisa membantu mengakselerasi secara hardware halaman web yang ditampilkan.

Berbekal komponen utama yang cukup mengigit, Tabulet Beat duos cukup mantap melahap berbagai aplikasi dan game yang tergolong rakus memori. Sayang sekali tablet yang lumayan kencang ini ternyata memiliki sensor yang amat minim. Hanya terdeteksi 2 sensor: accelerometer dan microphone. Agaknya Tabulet menilai sensor lainnya kurang perlu. Begitu pula dengan kamera. Tabulet hanya memasangkan kamera depan 0,3 megapiksel. Tidak ada kamera belakang. Toh ada untungnya, harga tablet jadi bisa lebih ditekan.

PCplus suka dengan perbaikan kinerja yang muncul di Tabulet Beat duos yang amat terasa saat menjalankan berbagai aplikasi baru. Kemampuan grafisnya juga jadi cukup terbantu meski tidak teramat kencang. Sayang, tidak ada kamera belakang. Setidaknya Tabulet Beat duos ini sangat lumayan untuk aktivitas mobile.
(nic)

 

Hasil Uji

Linpack Android
Single Thread19,37 MFLOPS
Multi Thread68,07 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity2567
Games1615
NenaMark236 fps

 

Spesifikasi

ProsesorAmlogic Meson6 1,2GHz (AML8726-MX dual core)
Memori Utama1GB
Kartu GrafisMali-400MP
Media Simpan Internal8GB NAND Flash
Jaringan SelularTidak ada
Wireless802.11b/g/n, GPS
Koneksi LainMini USB, mini-HDMI, microSD
KameraDepan 0,3 mega piksel
Layar7˝ 1024×600 piksel capacitive touchscreen
Sistem OperasiAndroid 4.0
Dimensi19,5 x 11,2 x 0,8 cm
Bobot296gr
Situs webwww.tabuletpc.com
Garansi1 Tahun
Harga*Rp1.599.000 (8GB)

*Erasa Mandiri Teknosis (021) 32768301

 

+ Ramping dan ringan, CPU dual core, display anti silau, harga terjangkau.

Sensor sedikit, tanpa Bluetooth, tanpa jaringan seluler, tidak ada kamera belakang.

 

Rating  8,0

 

Foto : Alphons Mardjono

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu