Idih, Ada Situs Sindikat Kejahatan Yakuza Berbahasa Indonesia

yakuzaJAKARTA, JUMAT – Kalau kamu tanya orang Jepang tentang Yakuza, biasanya mereka tidak akan mengakui keberadaannya. Maklum Yakuza adalah sindikat kejahatan Jepang. Sama dengan sindikat kejahatan mafia di dunia barat, triad di negara Cina, dan preman di negara kita, Yakuza itu real. Bahkan kabarnya Yakuza sudah masuk Indonesia.

Nah kalau kamu ingin tahu lebih jelas tentang sindikat kejahatan Jepang ini, silakan mengakses http://yakuza.in/. Situs berbahasa Indonesia dibuat oleh Richard Susilo yang lebih dari 20 tahun malang-melintang sebagai wartawan di Jepang.

“Kalau kita tahu bukan malah takut kepada Yakuza, atau ingin bergabung kepada kelompok ini, tetapi kita bisa pelajari dan mungkin bisa kita bandingkan dengan kelompok preman yang ada di Indonesia, apakah sama, bagaimana mengantisipasi mereka, dan sebagainya,” kata Richard tentang alasannya membuat situs yang tidak lazim itu.

“Saya menekuni Yakuza sebagai bahan studi, bahan pelajaran, ibaratnya seseorang ingin mencapai gelar pendidikan membuat skripsi khusus, itulah yang saya lakukan. Satu fenomena menarik bagi saya di tengah budaya Jepang yang sangat halus, indah dan hormat satu sama lain. Tetapi dunia Yakuza pun juga bagian dari sejarah dan budaya Jepang, tidak bisa kita menutup mata keberadaan mereka di dalam kehidupan sehari-hari di Jepang,” jelas Richard lagi.

Richard berharap dengan mempelajari segala hal mengenai Yakuza, kita dapat mengantisipasi segala hal yang terkait dengan sindikat kejahatan Yakuza ini. Situs Yakuza ini dipersiapkan Richard selama tiga bulan dan berisi semua berita serta tulisan serta data mengenai Yakuza di Jepang dengan sumber dari kepolisian Jepang dan berbagai sumber lain.

O ya, sebelum bisa mengakses isi http://yakuza.in, kamu diharuskan mendaftar dan memberikan data pribadi. “Maafkan akan sedikit ribet mungkin, tetapi saya mohon pengertiannya untuk pendaftaran dulu sebelum bisa mengakses membaca lebih lanjut dan sangat diharapkan data pengakses benar adanya, jangan palsu ya, kami akan rahasiakan dengan baik semua data tersebut,” janji Richard.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.