Friday, March 1, 2024
Berita Teknologi

Sudah Dibesut, Dua Smartphone Blackberry 10

blackberry z10JAKARTA, KAMIS – Penyuka Blackberry, siap-siap mengganti perangkatmu. Produsen ponsel asal Canada Blackberry (dulu dikenal sebagai RIM – Research in Motion) telah memamerkan dua smartphone Blackberry 10-nya. Yang pertama adalah Z10 yang berlayar sentuh 4,2” dengan resolusi 1280×756.

Penantang iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3 itu dipersenjatai prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 1,5GHz. Blackberry Z10 akan tersedia dalam warna hitam dan putih.

Smartphone kedua adalah Blackberry Q10. Q10 mirip dengan tawaran Blackberry selama ini. Ia dibekali keyboard QWERTT dengan layar 3,1”.

Kedua smartphone ini mengusung OS mobile baru, yakni Blackberry 10. Fitur barunya antara lain Blackberry Flow yang memungkinkan kamu mengoperasikan perangkat dengan satu jari.

Peningkatan lain adalah BBM (Blackberry Messenger). Fitur baru di BBM adalah BBM Video yang diharapkan Blackberry bisa menyaingi Apple Facetime. Yang juga baru adalah Blackberry Screenshare, yang bisa dipakai penggunanya untuk berbagi homescreen dengan para teman BBM-nya.

Fitur baru lain adalah Blackberry Remember untuk mengatur pengingat (reminder), fitur kamera baru (Timeshift, Picture Editor dan Story Maker), juga beberapa aplikasi baru (Skype, Whatsapp dan game Angry Bird).

“Kami meluncurkan Blackberry 10 dengan lebih dari 70.000 aplikasi, lebih banyak dibandingkan sistem operasi generasi pertama lainnya,” kata Blackberry.

Blackberry Z10 tersedia pertama kali di Inggris. Belum ada informasi kapan kedua perangkat ini akan hadir di Indonesia, termasuk harganya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu