Akun Dropbox pun Aman

secretsyncBanyak di antara kita punya akun Dropbox. Nah, untuk mengamankan akun Dropbox dengan menambahkan lapisan keamanan agar data yang dikirim ke Dropbox atau yang disinkronisasikan, kamu bisa memakai SecretSync. Secret Sync merupakan metode terbaik untuk menambahkan lapisan keamanan pada file yang disinkronisasikan melalui Dropbox.

SecretSync akan mengenkripsikan data dengan menggunakan passkey dan mensinkronisasikannya dengan akun Dropbox-mu. Dengan passkey, kamu bisa mengakses data secara mudah, tanpa perlu kuatir bahwa akun Dropbox akan bisa mengalami masalah keamanan.

Perhatikan, jangan sampai kamu lupa passkey! Tanpa passkey, kamu tidak bisa mengakses file yang telah terenkripsi. Satu lagi, karena SecretSync dibangun dengan Java, kamu harus menginstal Java pada komputer. Caranya mudah, buka http://java.com, lalu klik tautan Download. Pada website Java, kamu juga bisa memeriksa apakah komputer yang kamu gunakan telah memasang Java, dengan mengklik tautan Do I have Java? yang berada pada bagian bawah halaman. Silakan unduh aplikasi SecretSync di alamat: http://getsecretsync.com/ss/getstarted/.

Bagaimanakah cara kerja SecretSync? Kamu tak perlu mengkonfigurasikan pengaturan yang rumit untuk mengenkripsikan file. Caranya mudah kok:

  1. Cukup jalankan proses instalasi, masukkan passkey, maka sebuah SecretSync folder akan dibuat. Dengan memasukkan file atau folder ke dalam SecretSync folder, ia otomatis dienkripsikan.
  2. Klik Open SecretSync Folder untuk membuka folder terenkripsi.
  3. Manfaat terbesar dari sinkronisasi dengan bantuan Dropbox adalah menjadikan file yang tersimpan pada beberapa komputer bisa selalu up-to-date dengan cara yang mudah. Untuk mensinkronisasikan, kamu harus menginstal SecretSync pada semua komputer. Pada saat pertama kali memakai SecretSync, kamu harus membuat passkey. Caranya, beri tanda centang pada I do not have an account for SecretSync, isikan Email, Password, dan Confirm. Klik Get Token untuk mendapatkan passkey.
  4. Pada instalasi kedua dan seterusnya (instalasi pada komputer lain), masukkan informasi akun yang kamu isikan pada langkah sebelumnya.
  5. Ketika kamu harus mengakses data terenkripsi dari PC lain yang telah memasang Dropbox, kamu bisa mengakses data dari Dropbox Web UI setelah terlebih dulu menginstal dahulu SecretSync.
  6. SecretSync juga mengelola detail log untuk memeriksa file apakah telah disinkronisasikan dan dienkripsi atau belum. Kamu bisa secara manual mensinkronisasikan file dengan menggunakan jendela SecretSync Log View. Pada Windows, buka Start > SecretSync, lalu pilih SecretSync Log. Klik tombol Start Sync untuk menjalankan sinkronisasi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.