Thursday, March 28, 2024
Berita Teknologi

Anak-anak Pun Kini Membuat Malware

gambar : redorbit.com
gambar : redorbit.com

PC dan koneksi internet yang makin lancar dan bisa diakses di mana saja, rupanya membuat anak-anak makin melek teknologi di usia yang makin belia. Bagaimana tidak, berdasarkan temuan AVG, ternyata anak berumur 11 tahun pun kini sudah mulai menulis malware.

“Kami menemukan beberapa contoh bagaimana anak kecil sudah menulis malware,” jelas AVG dalam laporan keamanannya. “Salah satunya adalah anak berumur 11 tahun asal Kanada,” lanjut AVG dalam blognya. “Kode yang ditulis biasanya adalah trojan dasar yang ditulis menggunakan framework .NET framework. Framework ini mudah dipelajari bagi pemula dan sederhana dibangun menggunakan link di email atau diposting ke laman media sosial.  

Menurut AVG, anak-anak ini biasanya melakukan peretasan untuk pamer kemampuan hacking mereka. Biasanya dilakukan untuk mencuri login akun game seseorang. Masalahnya, akun game ini seringkali terkoneksi dengan data kartu kredit penggunanya. Menurut AVG sertinya berita seperti ini bukan lagi sebuah kejutan. Sebab, saat ini anak-anak jadi makin maju dalam hal teknis. Apalagi anak-anak ini makin sering berinteraksi dengan PC yang punya koneksi internet, baik dirumah atau sekolah.

Akibatnya, anak-anak jadi kian ahli soal teknis di usia yang begitu dini.   Meski demikian, menulis kode malware, secara teknis memang bukan ilmu yang sangat baru. hanya saja, AVG khawatir begitu mereka semakin dewasa, mereka akan bereksperimen dengan berbagai kode berbahaya lainnya.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu