Cek Kekuatan Password di Windows Apps

password security scannerSebagian besar aplikasi Windows (Google Talk. MS Outlook, Firefox, Internet Explorer, dan sebagainya) memiliki form login sehingga pengguna bisa menyimpan username dan password. Form login sangat memudahkan pengguna karena mereka tak perlu selalu harus memasukkan detail login. Kelemahannya, sistem operasi Windows tidak mempunyai opsi agar bisa mendaftar semua detail login yang berada di software untuk memverifikasi integritas username dan password.

Password Security Scanner adalah aplikasi yang bisa menemukan semua detail login yang tersimpan di komputer sehingga kamu bisa memeriksa kekuatan password dan atribut lain tanpa perlu mengekstraksi detail login dari aplikasi. Aplikasi multibahasa ini bisa digunakan pada semua versi sistem operasi Windows. Saat ini Password Security Scanner mampu men-scan beberapa aplikasi, yaitu Internet Explorer 4.0 -6.0, IE 7.0 – 9.0, Mozilla Firefox (semua versi), VPN, MSN/Windows Messenger, MS Outlook, dan Windows Live Mail.

Unduh aplikasi pada alamat: http://www.nirsoft.net/utils/password_security_scanner.html. Begini cara memeriksa kekuatan password:

  1. Jalankan unzip pada paket aplikasi yang kamu unduh.
  2. Klik dua kali pada file PasswordScan.exe. Aplikasi akan mendata semua detail login yang tersimpan pada aplikasi yang terinstal pada sistem operasi Windows.
  3. Jika kamu ingin memfilter daftar detail login, maka klik Advanced Options dari menu Options. Kamu akan bisa menampilkan password yang tidak aman dari mulai yang jumlah karakternya sedikit atau password yang kurang kuat. Berikan tanda centang pada opsi Display only items with password length lower than, dan Display only items with password strength lower than. Klik OK untuk menerapkan pengaturan yang telah kamu buat.
  4. Klik dua kali pada item di dalam daftar untuk secara lengkap menampilkan informasi kekuatan password. Kamu akan mendapati kotak dialog terpisah, lengkap dengan atribut kekuatan password, sehingga kamu bisa memeriksa Password Type, Application, User Name, Computer Name, sampai Windows User. Klik OK setelah kamu selesai mengamati kekuatan password pada item tersebut.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: