Mobile Messenger Korea Janjikan Kesenangan

kakaotalk
VP Global Business Development Kakao Group Kate Sohn menunjukkan contoh emoticon animasi yang tersedia di Kakao Talk

JAKARTA, KAMIS – Ada yang pakai Yahoo Messenger? Pasti banyak. Nah kalau kamu mau mobile messenger yang unik, silakan jajal Kakao Talk. Ini adalah mobile messenger asal Korea, yang juga populer di dunia. Bahkan presiden Barrack Obama menyebutkan Kakao Talk sebagai salah satu messenger yang berkontribusi dalam pemilihan presiden di AS.

Kakao Talk bisa dipasang di sebarang platform smartphone. Di BlackBerry bisa. Di perangkat iOS seperti iPhone boleh saja. Mau pasang di perangkat Android? Juga bisa. Demikian juga di Windows Phone. Silakan unduh dari Google Play Store, iTunes atau BlackBerry AppWorld.

“Ada 81 juta pengguna Kakao Talk di seluruh dunia, dengan sekitar 5 miliar pesan terkirim setiap harinya,” kata Yujin (Kate) Sohn (VP/Global Business Development, Kakao) saat meluncurkan Kakao Talk di Jakarta (27/2/2013). “Di Indonesia pertumbuhannya sangat pesat, 288% dalam kurun dua bulan (Januari – Februari),” jelas Kate.

Lalu apa yang membuat Kakao berbeda dengan Yahoo Messsenger misalnya? “Ini sepenuhnya fun,” tegas Kate.  Aspek fun ini misalnya tercermin dari theme Kakao Talk yang bisa diganti-ganti. Kamu bisa pakai theme yang tersedia, juga boleh pakai themen dari foto galeri. Kamu pun bisa chatting dengan teman tanpa terbatas jumlahnya melalui Group Chat di jaringan 3G dan Wi-Fi.

Kesenangan lain dihadirkan dalam bentuk emoticon animasi. Menurut Kate, Kakao Talk secara khusus berkolaborasi dengan desainer lokal untuk menciptakan emoticon khusus bagi pemakai di Indonesia. Maka hadirlah emoticon berkarakter Indonesia seperti Igor Saykoji, Fitri Tropica, dan Popo.

Apa lagi yang bisa bikin senang? Kalau kamu suka ngobrol keroyokan, ada yang namanya Group Call. Bisa dipakai sekaligus untuk lima orang sekali telepon. Gratis! Suara yang dipakai pun bisa diubah ke Talking Tom, yang juga disediakan gratis.

Lalu bagi kamu yang perlu mengatur jadwal bersama teman-teman, tersedia fitur schedule. “Pengguna bisa bikin group schedule sehingga teman bisa melakukan RSVP ke acara yang dilakukan,” terang Kate.

Fitur unik lainnya adalah Plus Friend. Yang satu ini akan mengoneksikan konten dari artis dan merek favorit pengguna untuk diterima via Kakao chatroom. Idenya mirip Twitter, tapi satu arah ke follower. Artis yang sudah tergabung di sini antara lain Sherina Munaf.

Sedangkan untuk merek, ada PHD, yang layanannya bisa dinikmati mulai pekan depan. Dijelaskan oleh Riri F. Hassan (Marketing Manager, PHD), Plus Friend bisa digunakan PHD untuk melakukan promosi menu baru, juga memerkuat loyalitas pelanggan. “Nanti juga bisa dipakai untuk mengirimkan voucher PHD untuk makan di tempat. Cukup tunjukkan layar yang berisi voucher ke kasir,” kata Riri. “Belum final seperti apa nanti bentuk promosinya,” tambah Riri.

Selain PHD, merek Groupon Indonesia juga disebutkan telah menjadi mitra Kakao Talk. Di Korea, Kakao Talk memang sukses menjalankan iklan mobile pertama di dunia melalui Plus Friend dengan dukungan lebih dari 350 mitra.

O ya, Kakao Talk juga bekerjasama dengan operator XL untuk layanan penukaran emoticon premium dengan pulsa XL. Dalam paket XL Serbu! (Serba Seribu), Kakao Talk juga ditampilkan dalam daftar messenger yang tersedia.

Bagaimana dengan game? Juga tersedia dalam wujud Kakao Game. Bahkan kamu yang tinggal di Jakarta bisa ikutan kompetisi game Anipang resmi pertama di luar Korea Selatan setiap akhir pekan di Central Park. Kompetisi ini digelar sampai 3 Maret, dengan hadiah utama MacBook Air 13”.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.