Review Kartu Suara Creative Sound Blaster Recon3D PCIe

Bila dilihat pada situsnya, Creative Sound Blaster Recon3D PCIe ini ditujukan oleh sang ahli kartu suara untuk bermain game. Hal ini juga didukung dengan adanya CrystalVoice dan Scout Mode yang diklaim Creative bisa membantu mengoptimalkan permainan game kamu. CrystalVoice menawarkan pemrosesan yang bisa membuat kamu berkomunikasi dengan rekan satu timmu dengan suara yang jernih saat sedang bermain game multiplayer. Adapun Scout Mode memungkinkan kamu untuk mendengar musuh-musuhmu dari jarak yang lebih jauh dibandingkan biasanya. Hal seperti ini tentunya bisa membantu, misalnya saat kamu bermain game first person shooter.

u1-427-CreativeSelain kedua fitur di atas, Creative Sound Blaster Recon3D PCIe juga memiliki headphone amplifier tersendiri yang dirancang untuk headphone dengan impedansi sampai 600 ohm. Ada juga THX TruStudio Pro yang menawarkan macam-macam “peningkatan” suara, mulai dari efek surround, pengaturan bass, sampai Smart Volume yang bisa menekan dynamic range (misalnya saat dipakai tengah malam agar tidak diprotes tetangga). Uniknya, fitur khas Creative, Crystalizer, juga diletakkan di sini. Crystalizer ini bisa membuat audio yang dikompresi lossy terdengar lebih baik.

Untuk keperluan ini semua, Creative Sound Blaster Recon3D PCIe ini menggunakan Sound Core3D yang merupakan prosesor audio quad core terbaru andalan Creative.

Bagaimana suaranya? Meskipun lebih ditujukan untuk bermain game, PCplus juga mengujinya untuk memainkan musik secara stereo. Album “The One: Reference Monitor Speaker”, yang merupakan rekaman audiophile digunakan sebagai referensi. Suara emas Odetta yang melantunkan “Blues Everywhere I Go” direpro tak seberat seharusnya. Bahkan gebukan bass pada drum terasa kehilangan “punch”-nya sehingga terasa agak ringan. Begitupun pada nomor “Dink’s Blues”: di beberapa bagian liukan vokal bernada tengah-tinggi (midhigh) terasa “menyerang”, agak membuat telinga pekak.

Pada album “Jazz at the Pawnshop”, rekaman seluruhnya berirama jazz bersuasana live ini dipilih nomor “High Life”. Detil setiap instrumen musik terdengar cukup baik, meskipun kurang tegas. Alunan saxofon yang melengking tinggi kembali membuat tak nyaman telinga, namun detil bunyi simbal, dentingan gelas, beberapa obrolan penikmat pada suasana live itu mampu direpro cukup baik.

Untuk menikmati harmoni serta dinamika bunyi dicoba pula album keluaran Hovland, album musik klasik yang menjadi acuan para penikmat musik. Nomor “Libertango” gubahan Astor Piazzolla, yang diaransir ulang oleh Daryl Runswick mengalun biasa tanpa kejutan. Separasi antarinstrumen seperti violin, contrabass masih bisa dinikmati, meskipun berkabut dalam dinamika yang biasa. Di ujung lagu yang seharusnya menampilkan “kejutan” bass yang pulen, berakhir begitu saja.

Keseluruhan, bisa dikatakan, Creative Sound Blaster Recon3D PCIe kurang optimal untuk memainkan musik.

Bagaimana saat dipakai bermain game? Kembali PCplus merasa suara yang dihasilkan agak ringan. Meskipun begitu, positioningnya bagus dan Scout Mode bisa membuatmu unggul. Yang paling PCplus suka justru Crystalizer yang bisa membuat suara terkompresi tinggi secara lossy pada game terdengar lebih baik.

Kalau kamu mencari kartu suara untuk bermain game, Creative Sound Blaster Recon3D PCIe bisa dipertimbangkan apalagi bila kamu sering bermain game first person shooter secara multiplayer.
(fon)

 

Spesifikasi

Audio Processor Sound Core3D
Interface PCI-Express x1
DAC Sampai 24bit 96kHz
ADC Sampai 24bit 96kHz
Konektivitas • 3,5mm Line In/Microphone In
• 3,5mm Headphone Out
• 3,5mm Line Out x3
• Optical S/PDIF Out
• Optical S/PDIF In
Konfigurasi
Speaker
• Stereo/speaker 2.1
• Speaker 5.1
• Headphone
Minimum System
Requirements
• Prosesor Intel Core 2 Duo atau ekivalen AMD, 2,2GHz atau lebih cepat
• Motherboard Intel, AMD, atau yang 100% kompatibel
• Memori utama 1GB
• Microsoft Windows 7 32bit atau 64bit
• Sisa ruang hard disk setidaknya 600MB
• Satu slot PCI-Express (x1, x4 or x16) yang masih tersedia
• CD-ROM atau DVDROM drive
Situs web www.creative.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 1.200.000,-

*Sarandra (021) 6000300

 

Creative Sound Blaster Recon3D PCIe  menawarkan 5.1 kanal audio dengan keluaran tersendiri untuk headphone.
Creative Sound Blaster Recon3D PCIe
menawarkan 5.1 kanal audio dengan keluaran tersendiri untuk headphone.
Lewat Control Panel ini  kamu bisa mengatur berbagai aspek dari Creative Sound Blaster Recon3D PCIe.
Lewat Control Panel ini
kamu bisa mengatur berbagai aspek dari Creative Sound Blaster Recon3D PCIe.

 

+ Banyak fitur.

Kurang optimal untuk musik.

 

Rating  7,7

 

Foto: Alphons Mardjono

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: