Review Software Subtitling Aegisub

Membuat dan Menyunting Subtitle Buat Pemula

d5-427-aegisubIngin belajar membuat subtitle film atau ingin menyunting subtitle hasil download yang acak-acakan? Pakai saja Aegisub. Aegisub adalah salah satu aplikasi untuk membuat dan menyunting subtitle yang sudah terintegrasi dengan video player. Fungsi video player di sini adalah untuk melihat pratayang video agar mudah saat memberi subtitle. Hanya saja, secara default Aegisub cuma bisa menampilkan videonya saja, tanpa ada audio. Agar audio bisa terdengar, maka harus di-load manual melalui menu Audio – Open Audio from Video. Aplikasi ini dapat diinstal pada sistem operasi Windows, Mac, dan UNIX. Khusus untuk Windows, terdapat juga versi portable-nya.

Adapun format video yang bisa diimpor ke Aegisub antara lain adalah MKV, AVI, MPG, MPEG, MOV, WMV, dan MP4. Sedangkan format subtitle yang dihasilkan berformat Advanced SubStation Alpha <.ass>. Saat dalam proses subtitling, teks dapat kita format dengan beragam pilihan parameter, seperti dicetak tebal, cetak miring, dan diberi warna. Sedangkan untuk timing dan penyelarasan subtitle, kita akan sangat terbantu karena playback video seperti play dan pause dapat dikontrol dengan keyboard.

Secara umum, langkah untuk membuat atau menyunting subtitle dengan Aegisub sangatlah mudah. Tinggal akses menu File – New Subtitles untuk membuat subtitle baru, atau File – Open Subtitles untuk membuka subtitle dari direktori. Langkah berikutnya, tinggal masukkan video yang hendak diberi subtitle melalui menu Video – Open Video. Ikuti dengan mengakses menu Audio – Open Audio from Video agar suara dari video tampil di Aegisub.

 

Informasi

Situs http://www.aegisub.org/
Ukuran file 21 MB (Win), 39 MB (Mac), 4 MB (UNIX)
Lisensi Gratis (Free)
Harga
Dukungan Sistem Win XP/Vista/7/8, Mac, UNIX

 

Naskah: Khadis [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: