Bikin Buku dan Langsung Menjualnya

Punya ide untuk membuat sebuah buku dan ingin segera menjualnya melalui media digital? Bikin saja buku dengan iBooks Author yang bisa didownload gratis dari App Store dari Mac yang kalian punya.

Setelah buku itu jadi, kita bisa menjualnya di App Store pula dan buku kita bisa dibaca dengan aplikasi iBooks yang juga bisa didownload gratis melalui Mac, iPhone, iPad, ataupun iPod Touch. Selain aplikasinya, di App Store juga terdapat template untuk iBook Author, beberapa diantaranya gratis.

t2-429-gb1

1. Jalankan iBooks Author yang diinstall secara otomatis oleh App Store di Launchpad. Setelah itu kita langsung disodori pilihan template. Pilih saja sesuai selera atau yang mendekati dengan keinginan kita.

 

t2-429-gb2
2.
Setelah memilih template yang sesuai, kita langsung melihat layar utama dari iBooks Author. Jika kita melihat pada kolom kiri atas, tampak pengelompokan pembuatan oleh iBooks, yaitu Cover, Intro atau halaman pengantar yang bisa kita isi dengan foto atau video, Table of Contents atau daftar isi, Glossary atau keterangan buku, lalu Chapter atau bab.

 

t2-429-gb33. Pertama kita membuat cover terlebih dahulu. Jika gambar dan layoutnya sudah sesuai, kita tinggal mengganti judulnya saja. Kalau ingin mengganti gambar, kita bisa mengambil dari koleksi foto atau gambar dari koleksi iPhoto atau drag aja file gambar yang ada di finder langsung ke gambar di iBooks yang akan kita ganti. Klik pada gambar, kita bisa langsung mengubah posisi dan besar kecil gambar melalui edit mask yang tampil secara otomatis.

 

t2-429-gb44. Setelah itu kita langsung bisa masuk ke isi buku. Lupakan daftar isi, karena daftar isi akan tersusun secara otomatis ketika kita menambah atau mengurangi isi buku. Oleh iBooks isi buku dibagi menjadi Chapter yang akan menjadi semacam halaman pembuka untuk sebuah bab, lalu Section yang menjadi topik bahasan dari sebuah bab, dan Pages yang merupakan penjelasan atau isi buku.

 

t2-429-gb55. Jika halaman atau Pages yang tersedia tidak sesuai, kita bisa menghapusnya lalu menambahkan lagi dengan pilihan Insert > Pages > Pages > pilih layout yang sesuai. Setelah halaman terpampang, kita bisa menambahkan obyek-obyek yang kita butuhkan seperti foto, gambar, video, presentasi keynote, link, dan lain sebagainya. Ingat, ini adalah buku digital, jadi kita bisa menambahkan berbagai macam obyek yang jelas tidak akan bisa kita buat dalam buku yang dicetak. Caranya cukup dengan klik icon widget lalu pilih obyek yang kita inginkan.

 

t2-429-gb6
6.
Jika kita punya iPad, kita bisa menghubungkannya ke Mac, menjalankan iBooks di iDevice, lalu kita tinggal klik icon preview, maka buku yang kita buat akan tampil di iPad dan kita bisa tahu bagaimana rupa buku yang kita buat.

 

t2-429-gb7
7.
Setelah selesai membuat buku, jangan lupa untuk menyimpannya. Jika kita memilih file > save, maka kita akan menyimpan buku berupa format iBooks Author. File ini tidak bisa dibuka oleh aplikasi lain kecuali iBooks Author. Agar bisa dibaca iBooks atau aplikasi lain, kita bisa memilih File > Export. Kita akan diberi pilihan untuk menjadikan file iBooks, PDF, atau teks biasa.

 

8. Nah, jika kita ingin menerbitkan buku ini, pertamatama kita harus punya Apple ID, jika belum punya kita bisa mendaftar di: https://appleid.apple.com/cgi-bin/WebObjects/MyAppleId.woa/

 

t2-429-gb99. Jika sudah punya, kita klik icon publish, lalu klik pada Create a New Account lalu kita akan terhubung dengan website Apple untuk membuat account menerbitkan buku. Kita diberi dua pilihan, yang pertama adalah account untuk menerbitkan buku secara gratis lalu yang kedua adalah menerbitkan buku untuk dijual. Jika kita memilih yang kedua, kita harus punya kartu kredit, ID pajak dari IRS, lalu account di bank. Jika masih coba-coba, kita bisa mendaftar untuk menerbitkan buku secara gratis.

 

t2-429-gb10

 

10. Setelah mengikuti petunjuk yang diberikan, account Apple ID yang kita punya diverifikasi oleh Apple dan setelah itu kita baru bisa mendownload iTunes Producer.

t2-429-gb11

 

11. Setelah install iTunes Producer, selanjutnya kita kembali ke iBooks Author dan klik continue sampai kita masuk ke iTunes Producer. Kita harus mengisi informasiinformasi penting seperti jenis buku, buku tentang apa, deskripsi buku, pengarang, dan lain sebagainya.

 

 

Setelah itu buku kita akan tersedia di App Store, tinggal bagaimana promosi yang kita lakukan agar buku tersebut laku.Paling mudah lewat jejaring sosial macam Path, Facebook,atau Twitter. Jika ingin buku yang kita jual ditangani oleh lembaga profesional, kita bisa menggunakan jasa aggregator yang disediakan oleh Apple. Mereka akan melakukan promosi dan berbagai hal lain agar buku kita laku. Untuk melihat dan menggunakan jasa aggregator yang ditunjuk Apple kita bisa mengunjungi: https://itunesconnect.apple.com/WebObjects/iTunesConnect.woa/wa/displayAggregators?ccTypeId=13
Selamat berkarya!

 

Naskah: Onid Bartowski [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.