Smartphone LG Optimus Vu Dengan Layar Beda

Kesuksesan kubu Samsung lewat Galaxy Note yang terkenal dengan kemampuan “corat-coret” di layar mengilhami banyak pemain utnuk menghadirkan produk sejenis dalam rupa yang berbeda atau bahkan meniru persis. LG yang juga berasal dari Korea pun tak mau kalah dengan memunculkan Optimus Vu (tipe LG-P895) dengan layar yang unik.

Kami sebut unik karena LG Optimus Vu membuat layar 5˝dengan resolusi 768×1024 piksel (panel HD-IPS) dalam rasio 4:3 yang membuatnya terlihat cenderung kotak. Displai dengan kerapatan 256ppi ini cukup aneh. Kebanyakan smartphone muncul dalam rasio layar 16:10/9 yang lebih nyaman untuk melihat video. Pihak LG berkilah bahwa layar dengan rasio 4:3 (disebut juga rasio standar) mungkin melawan tren masa kini, namun justru memiliki keunggulan pada aktivitas browsing, membuka email, atau membaca media digital. Aktivitas mengetik keyboard dengan dua tangan pun jadi lebih nyaman.

Selain layar yang tidak biasa, LG Optimus Vu juga mengandalkan fitur Quick Memo seperti halnya Galaxy Note. Di sini kamu bisa langsung mencoret layar, membuat catatan, atau juga menggambar, baik dengan jari maupun stylus yang tersedia. Fungsi memo ini dapat langsung diaktifkan dengan menekan tombol mungil di bagian atas dan dapat langsung dipakai meski tengah menerima telepon. Sayangnya, stylus tak bisa diselipkan ke badan smartphone yang tebalnya 0,85cm ini. Karenanya, LG menyertakan cover kulit untuk membawa Optimus Vu berikut stylus yang membuatnya terlihat seperti buku diary/agenda.

Desain kombinasi smartphone dan tablet yang kerap disebut phablet ini disempurnakan oleh dukungan komponen yang mantap. Berbekal prosesor quad core Nvidia Tegra 3 1,5GHz plus  memori utama 1GB membuat gadget ini berlari cepat. Jika perlu dilakukan koreksi displai pada aplikasi/game yang berjalan maka cukup tekan dan tahan tombol Home untuk mengubah besaran rasio layar antara 4:3 dan16:9.

Beberapa aplikasi menarik yang ditawarkan LG Optimus Vu adalah Video Wiz yang berguna untuk melakukan video editing dengan mudah meski terkesan sederhana. Ada lagi layanan RemoteCall Service yang memungkinkan teknisi LG melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara software dari jarak jauh. Dengan ini konsumen tak perlu pergi ke service center.

PCplus juga mencatat sedikit kekurangan. LG Optimus Vu ternyata hanya mengandalkan media simpan internal 32GB tanpa slot untuk media simpan eksternal. Fasilitas Note juga terkesan sederhana jika dibandingkan Galaxy Note II misalnya.

Sebagai phablet dengan layar yang berbeda plus beberapa fitur keren, LG Optimus Vu berdesain cantik ini sangat menyenangkan pada aktivitas yang menuntut layar lebih melebar (bukan memanjang). Harga yang lebih kompetitif turut menjadi faktor menarik bila dibandingkan kompetitor sekelasnya.
(nic)

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total 5149
Linpack Android
Single Thread 51,94 MFLOPS
Multi Thread 94,77 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 4708
Games 2186
NenaMark2.4
Skor 50,5 fps

Paket memberikan cover kulit
untuk membawa smartphone dan stylus. Ini membuatnya terlihat seperti buku diary/agenda.

Paket menyertakan 3 buah LG Tag+
untuk situasi kantor, di mobil, dan saat tidur. Sistem ini membuat smartphone masuk ke mode tersebut, sesuai lingkungannya.

Spesifikasi

Prosesor Nvidia Tegra 3 1,5GHz (quad core)
Memori Utama 1GB
Kartu Grafis ULP GeForce
Media Simpan Internal 32GB
Jaringan Selular GSM 850/900/1800/1900MHz & HSDPA 900/2100MHz
Wireless 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0, A-GPS, NFC, DLNA
Koneksi Lain Micro USB
Kamera Depan 1,3MP, belakang 8MP
Layar 5˝ 768×1024 piksel capacitive touchscreen
Sistem Operasi Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
Dimensi 13,9 x 9 x 0,85 cm
Bobot 168gr
Situs http://www.lg.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 5.499.000,-

*Erafone 08071111888

+ Desain cantik dan bobot ringan, displai terang, kinerja kencang, CPU quad core, fasilitas memo, NFC Tag, dukungan service.

Tanpa radio FM, stylus tak menyatu, tanpa slot microSD.

Rating 7,9

Foto: dok. LG

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Recent Posts

Cara main Lesley buat pemula, Begini gaes!

bermain game utamanya game online ML memang saat ini menjadi trending di seluruh dunia karena…

6 days ago

Intip bagus gak HP Samsung Galaxy A11

siapapun pasti ingin mempunyai sebuah smartphone yang bisa dijadikan andalan untuk penggunaan harian. pastinya banyak…

6 days ago

Daftar Aplikasi Mempercepat Video di Smartphone

Menggunakan aplikasi mempercepat video dapat membantu kamu dalam melakukan hal editing video. Terkadang para editor…

2 weeks ago

Rekomendasi Aplikasi Penggabung Video untuk Editing Video

Aplikasi penggabung video bisa diartikan sama dengan aplikasi editor video yang dapat membantu kamu menciptakan…

2 weeks ago

Rekomendasi Aplikasi Tato Terbaik Tahun 2020

Aplikasi tato ini akan membuat kamu mewujudkan memiliki tato seperti orang - orang lainnya. Mungkin,…

2 weeks ago

Panduan Praktis Menggunakan Endomondo untuk Olahraga Lari

Akurasi aplikasi sport tracking berbasis GPS seperti Endomondo, Strava, Nike Run Club, MapMyRun, Puma Trac,…

2 weeks ago