Cara Mudah Rapat Online dengan Ponsel ( AnywherePad )

Tidak perlu repot-repot mengatur banyak hal, bahkan mengeluarkan sepeser rupiah pun untuk rapat atau diskusi online pakai ponsel.

AnywherePad merupakan sebuah aplikasi versi mobile untuk dapat mengakses layanan rapat online yang disediakan oleh Anywhere Portal. AnywherePad dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Kamu bisa pakai peranti bersistem operasi Android maupun iOS. Karena tersedia di dua platform paling besar ini, kamu dapat berkolaborasi dengan lebih leluasa dan mudah dengan rekan-rekan kamu. Layanan Anywhere Portal menyediakan layanan gratis untuk personal dan berbayar untuk organisasi/perusahaan. Jika kamu ingin berkolaborasi dengan rekan-rekan, ada baiknya untuk mencoba layanan secara personal terlebih dahulu.

Yuk ikuti langkah-langkah berikut agar kamu mendapat pengalaman melakukan rapat online dengan  rekan-rekan kamu.

t7-429-raonl-gb-01

1. Dari komputer desktop atau notebook, kunjungi alamat https://portal.anywherepad.com. Selanjutnya, bikin akun baru dengan mengklik tombol Create Account. Isikan beberapa item pendaftaran yang diperlukan. Setelah pendaftaran selesai, otomatis kamu akan dibawa masuk ke halaman dashboard dari Anywhere Portal.

 

t7-429-raonl-gb-022. Sementara kita tinggalkan halaman Anywhere Portal pada komputer/notebook kamu dan berpindah ke peranti ponsel Android atau iDevice kamu. Jika menggunakan Android, pasang aplikasi Anywhere Pad-Meet, Collaborate dari Google Play. Demikian juga untuk iOS, kamu dapat memasang Anywhere Pad dari App Store. Setelah terpasang, jalankan aplikasi tersebut. Anywhere Pad meminta kamu untuk memasukkan e-mail yang akan dijadikan user ID, tap tombol Continue. Masukkan password kamu, lalu tap Continue. Jika berhasil kamu akan disuguhi daftar agenda rapat yang direncanakan.

 

t7-429-raonl-gb-033. Untuk mencoba rapat online yang pertama kalinya, kembalilah ke komputer pribadi/notebook kamu yang masih terbuka dashboard dari Anywhere Portal. Pada bagian Meet Now, masukkan judul rapat, lalu undang rekan-rekan kamu dengan cara memasukkan e-mail mereka, dan jika perlu unggah file presentasi. Untuk memulai, klik saja tombol Host Meeting Now. Anywhere Portal akan mengatur sesi rapat dan mengirimkan e-mail undangan rapat ke semua rekan yang kamu undang. Untuk dapat rapat bersama, rekan-rekan yang kamu undang juga harus memasang aplikasi Anywhere Pad di ponsel Android atau iOS mereka. Setelah masuk ke Anywhere Portal melalui Anywhere Pad, tap tombol Join dari agenda rapat yang muncul.

t7-429-raonl-gb-04

 

4. Proses Join yang dilakukan adalah mengunduh semua file presentasi yang diperlukan ke ponsel. Jika proses ini selesai, pada layar ponsel Anywhere Pad semua rekan kamu otomatis akan muncul tampilan presentasi yang kamu unggah sebelumnya.

 

t7-429-raonl-gb-05

 

5. Khusus untuk presenter, kamu dapat berpindah slide atau halaman dengan cara menggeser layar dengan jari ke kiri atau ke kanan. Untuk setiap perpindahan tampilan, layar rekan-rekan dalam satu pertemuan juga akan otomatis menyesuaikan. Sebagai presenter, kamu dapat melakukan beberapa hal dengan men-tap sekali pada layar ponsel kamu.

 

 

t7-429-raonl-gb-06

6. Dari alat bantu yang disediakan, sebagai presenter kamu dapat melihat siapa saja yang sedang aktif mengikuti pertemuan, melihat daftar agenda pertemuan, mengubah status berbagi layar presentasi, membuka browser, dan merekam dan memberikan catatan pada layar presentasi. Untuk memberikan coretan atau catatan pada layar presentasi, tap ikon pensil pada toolbar alat bantu, dan goreskan coretan kamu di layar.

 

 

t7-429-raonl-gb-077. Jika kamu ingin menambahkan file dan foto ke layar presentasi, tap ikon Agenda, dan tap tombol Add Files & Photos.

 

8. Seperti halnya aplikasi presentasi di komputer desktop, kamu dapat menjadikan layar kamu bersifat pribadi atau tidak. Caranya, tap thumbnail layar di kiri bawah. Jika tampilan layar berstatus Private View, berarti layar presentasi kamu hanya untuk kamu sendiri. Sebaliknya pada Shared View, setiap perubahan pada layar kamu juga akan dilihat oleh rekan lain di ponsel mereka.

t7-429-raonl-gb-09

 

 

9. Tombol Exit pada toolbar alat bantu akan berfungsi untuk menghentikan presentasi untuk sementara atau mengakhirinya.

 

 

t7-429-raonl-gb-10

 

 

10. Khusus untuk Anywhere Tap untuk Android, kamu akan mendapatkan fasilitas untuk membuat pertemuan baru dari ponsel Android kamu tanpa harus melalui browser. Caranya, pada tampilan daftar pertemuan, tap tombol Main Menu.

 

 

t7-429-raonl-gb-11

 

11. Untuk membuat pertemuan baru, tap item menu New Meeting. Dengan cara serupa pada layanan web, kamu dapat memasukkan judul pertemuan, dan tap Start Meeting Now. Lalu masukkan daftar e-mail rekan-rekan yang hendak kamu undang dalam pertemuan, dan tap tombol Send invites untuk memulai. Sesaat kemudian akan ada sebuah papan tulis kosong yang dapat kamu gunakan untuk menulis catatan atau mencoret.

 

t7-429-raonl-gb-1212. Catatan terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menjadwalkan pertemuan pada waktu dan tempat tertentu. Untuk melakukan hal ini kamu harus menggunakan layanan web Anywhere Portal dengan web browser. Setelah login di Anywhere Portal, klik menu bagian Meeting Schedule dan klik tombol Schedule New Meeting. Selanjutnya, isikan data jadwal pertemuan dan klik tombol Schedule New Meeting.

Selamat rapat!

 

Naskah: Budi Susanto ( [email protected] )

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.