IBM Docs: Bikin File Suite secara Online

ibm docsSeperti Google Docs, IBM Docs merupakan aplikasi Office online berbasis cloud untuk membuat dan mengelola dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Kamu tak hanya bisa membuat dokumen bergaya profesional, tapi juga bisa membagi dokumenmu.  Kamu dapat menambahkan pengguna lain untuk berkolaborasi dalam pembuatan dokumen secara real time, pun melarang kolaborator untuk menyunting bagian tertentu dokumen.

Untuk membuat dokumen dengan IBM Docs, begini caranya:

  1. Sebelum membuka layanan IBM Docs, buka dulu halaman IBM Greenhouse di alamat berikut:

https://greenhouse.lotus.com/wpsgh/wcm/connect/ghcontent/lotus+greenhouse+next+site/home/log+in/lgh+next+log+in.

  1. Agar bisa menggunakan IBM Docs, bikin akun pada IBM Greenhouse. Klik tautan Sign Up Here untuk mulai membuat akun, dan kamu akan mendapatkan e-mail konfirmasi berisi informasi aktivasi akun.
  2. Setelah mengaktivasi akun, loginlah ke IBM Greenhouse. Masukkan Email dan Password akun kamu, lalu klik tombol Login.
  3. Klik tombol Launch untuk mulai membuat dokumen dengan IBM Docs. Ketika tombol Launch diklik, halaman File akan terbuka. Di sini kamu bisa menemukan opsi manajemen file dan sharing. Klik Upload a File untuk mengunggah dokumen OpenOffice.
  4. Klik New, lalu pilih salah satu opsi (Document, Spreadsheet, dan Presentation) untuk membuat file aplikasi office yang kamu inginkan. Opsi lain yang disediakan di antaranya Pinned Files, My Files, Shared With Me, Shared By Me, Public Files, Trash, dan Pinned Folders.
  5. Kamu juga bisa mengorganisasikan dokumen dengan membuat folder (klik New > New Folder), termasuk mengurutkan file berdasarkan Name, Updated, Downloads, Comments, dan Recommendation.
  6. IBM Docs menyediakan opsi sharing yang memungkinkan kamu membagi dokumen ke komunitas atau pengguna yang kamu pilih. Pada halaman Share File, kamu bisa membagi dokumen kepada a Person atau Community, as Reader atau Editor, dengan menggunakan menu drop-down pada bagian Share with. Isikan alamat e-mail atau nama pada bagian Readers. Klik tombol Share untuk membagi dokumen.
  7. Masing-masing dokumen yang kamu buat hadir dengan berbagai macam opsi, di antaranya Edit, Upload New Version, Share, Add to Folder, dan More Actions (yang terdiri dari dari Stop Following, Edit Properties, Add Comment, Give Copy to Community, sampai Download as PDF File).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.