Sony Partners Conference 2013: Gelaran Jajaran Produk Baru Sony 2013

sony1JAKARTA, JUMAT – Sony makin gencar memasarkan produknya di tanah air. Untuk memperkuat aktivitas pemasaran, kemarin sore (11/4/2013) di sebuah hotel bintang lima di Jakarta diselenggarakanlah pameran Sony Partners Conference 2013 yang menampilkan semua jajaran produk terbaru Sony di tahun 2013. Beragam produk, mulai dari TV LED layar lebar, perangkat home audio video, speaker NFC (near field communication), notebook, smartphone, camcorder, kamera digital sampai earphone tahan air dan radio FM/AM engkol dihadirkan.

sony2Untuk TV, Sony kini menitikberatkan pada ukuran inci yang kian besar. Maka dihadirkanlah Sony Bravia ukuran 65” dan 55”. Saat itu semua ukuran TV Sony dipamerakan, mulai dari 22”, 42”, 46,”, 47”, 50”,   60”, 70” dan 84”. Agar konsumen tidak bertanya-tanya, pada panel TV sekarang tercantum ukuran inci TV . Perbedaan lain dibandingkan model tahun lalu, stand TV yang kotak berubah menjadi cincin (ring).

Dari sisi teknologi, diterapkan picture optimizer terintegrasi Xreality Pro dengan fitur inteligent MPEG noise reduction yang bisa membuang noise spesifik MPEG seperti block dan mosquito noise, dan random noise reduction for analog broadcast. Yang ini berfungsi membuang noise acak yang hadir pada siaran analog dan video VCR.

TV Sony disebutkan kuat dalam warna berkat teknologi Triluminos display. Warna yang dihadirkan, klaim Sony, tampil lebih kaya dan bagus. Merah, , biru dan emerald green menjadi warna-warna unggulan. Emerald green, tutur salah satu petinggi Sony Indonesia, merupakan warna unik TV Sony. “Hijaunya bisa lebih detil, kekuningan. Juga warna biru, lebih real,” katanya.

Speaker NFC portabel Sony SRS-BTV5
Speaker NFC portabel Sony SRS-BTV5

Sementara itu untuk jajaran produk home audio video dan audio portabel, diperlihatkan sound bar HT-CT260, DVD home theater DAV-DZ950, Blue-Ray home theater BDV-N9100, speaker NFC SRS-BTV5 dan NWZ-W273.

Yang unik adalah kehadiran walkman mini, alias MP3 player, berkapasitas memori 4GB yang bisa digunakan memutarkan musik saat kamu berolahraga, berenang atau bermain air. “Suara tetap terjaga, sehebat Sony sambil berolahraga. Waterproof sampai kedalaman 2 meter,” jelas product marketing Sony Indonesia. Produk ini tampil dalam rupa earphone.

Earphone tahan air
Earphone tahan air

Selain itu hadir pula produk audio LBT-SH2000 alias Shake yang suaranya dahsyat. “Bisa menggetarkan, cocok untuk anak muda yang gemar berpesta,” kata  petinggi Sony.

Yang juga unik adalah kehadiran radio FM/AM engkol ICP-B08. Pasokan daya diperoleh dengan mengengkol  gagang yang terpasang. Satu menit engkolan yang bertenaga cukup untuk mendengarkan

siaran radio FM 35 menit, atau 50 menit siaran radio AM. Daya engkolan juga bisa digunakan menyalakan lampu LED yang terpasang, dan bahkan untuk mengisi ulang baterai ponsel melalui jack USB. Ide radio engkol ini datang setelah Jepang terlanda gempa besar yang menyebabkan pasokan listrik absen berhari-hari. Namun jika malas mengengkol, pasang saja dua baterai AA di badan radio portabel tersebut.

Radio darurat dengan opsi daya engkol dan baterai AA
Radio darurat dengan opsi daya engkol dan baterai AA

Bagaimana dengan urusan imaging? Irwan Tongari (Product Leader Imaging) menjelaskan, tahun ini Sony menyajikan kamera full-frame (RX-1, VG900 dan Alpha 99) dan camcorder (SX22; PJ660/700/380 yang bisa dikoneksikan fitur proyektornya ke perangkat eksternal seperti tablet; dan HDR-CX720/230/250).

Di jajaran kamera DSLR hadir Alpha 99, Alpha 77, 65 dan 57. “Hero model tahun ini adalah SLT-A58 dengan sensor Exmor APS HD 20,1 megapiksel. Badan kecil, tetapi kualitas gambar menarik,” promosinya. Sementara untuk E-mount ditawarkan NEX 3 untuk entry level. “Kompatibel dengan konsumen wanita, sangat ringan,” komentar Tongari tentang kamera 16.1 megapiksel tersebut.

Untuk kamera kompak, antara lain hadir WX80 yang berfitur Wi-Fi, TX30 yang tahan air sampai kedalaman 10 meter, H200 yang berkelas prosumer dengan zoom besar, W710 dan W710.

Untuk smartphone, produk unggulan tahun ini adalah Xperia Z yang tahan air dengan layar Full HD 5”. Selain itu tampil speaker NFC pertama yang tidak butuh kabel untuk pairing ke smartphone Xperia. Cukup aktifkan NFC mike-on, lalu dekatkan speaker ke ponsel, dan alunan musik dari ponsel akan dialirkan ke speaker nirkabel berbentuk bola tersebut.

Selain seri Z, tahun ini Sony punya seri E (dua tipe: single/dual SIM) untuk entry level, seri V dan TX untuk mid level (water resistant), seri ZL (fitur serupa Z tapi tidak water resistant dan layar 4,6”).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.