Upgrade Windows 8 ke Versi Final

Dalam proses pengembangannya dulu, Windows 8 punya beberapa edisi untuk diuji coba publik. Ada Windows 8 Developer Preview, Windows 8 Consumer Preview dan yang terakhir sebelum rilis final: Windows 8 Release Preview.

Semua edisi itu tidak ada yang bisa dipakai selamanya. Windows 8 mematok tanggal tertentu sebagai akhir masa pakai Windows 8 edisi uji coba. Untuk mengetahui tanggal berakhirnya, kamu bisa mengetik perint ah winver di layar Start.

Windows 8 Preview yang masuk masa pensiun sudah tidak bisa dipakai lagi. Kamu harus menginstal Windows 8 versi penuh, tidak bisa diupgrade. Dalam kondisi standar, DVD Windows 8 versi final hanya membolehkan upgrade dari Windows 7, Windows Vista atau Windows XP. Installer nggak bakal mengijinkan Windows 8 lawas kamu diupgrade Windows 8 yang lebih baru.

Di tutorial ini, kamu akan ditunjukkan bagaimana mengakali installer Windows 8 supaya mendukung saudara tuanya. Ikuti langkah-langkah di bawah. Jangan lupa, back-up data kamu.

1. Siapkan DVD installer Windows 8 Pro. Ingat, harus yang Pro, soalnya edisi uji coba yang diberikan oleh Microsoft juga edisi Pro. Jadi upgradenya harus ke edisi yang setara. Kalau installer Windows 8 yang kamu punya masih dalam bentuk ISO, kamu bisa membakarnya dulu ke dalam DVD. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Daemon Tools atau Virtual Clone Drive. Kamu juga bisa mengakali agar installer “diburn” ke flash disk.

2. Kosongkan harddisk sampai tersisa ruangan minimal 16 GB.

3. Masukkan DVD Windows 8 ke DVD-ROM atau mount file image installer Windows 8 ke kandar virtual.

t1-431-w8-gb04

 

4. Buka Windows Explorer untuk menjelajah isi installer Windows 8.

 

 

t1-431-w8-gb05

 

5. Buat folder baru di salah satu partisi harddiskmu. Pastikan masih ada ruang kosong sebesar 5 GB sebelum melanjutkan ke langkah berikut.

 

t1-431-w8-gb06

 

6. Salin seluruh file dan folder yang ada di DVD Windows 8 ke folder yang baru kamu buat tadi.

 

 

7. Kalau proses copy sudah selesai, keluarkan DVD Windows 8 dari DVD ROM.

8. Buka folder yang tadi berisi salinan installer Windows 8. Buka sub folder Sources yang berada di dalamnya dan cari file yang bernama cversion.ini.

 

t1-431-w8-gb099. Buka file cversion.ini dan modifikasi nilai yang terdapat di baris MinClient dengan 8400 atau bisa diisi dengan versi preview lain yang sedang kamu gunakan. Kalau kamu tidak tau versi berapa yang kamu gunakan, coba tengok di pojok kanan bawah layar desktop. Di sana ada informasi edisi evaluasi yang sedang digunakan.

10. Klik “File > Save” untuk menyimpan perubahan.

11. Jalankan file setup.exe di folder yang kamu buat tadi.

12. Saat muncul konfirmasi dari UAC, klik tombol Install now dari jendela konfirmasi.

t1-431-w8-gb13

 

13. Lanjutkan proses isntalasi Windows seperti biasa, termasuk update Windows.

 

 

t1-431-w8-gb14

 

14. Saat muncul EULA, pilih I accept the license terms, lalu klik Next.

 

 

t1-431-w8-gb1515. Kamu akan ditanya apakah akan menyimpan seting Windows, file dan aplikasinya, atau menyimpan file pribadi saja atau tidak. Pilih “Keep Windows settings, personal files, and apps” untuk menyimpan segala yang ada di Windows saat ini. Pilih “Keep personal files only” untuk menyimpan data saja, atau “Nothing” bila ingin mengupgrade Windows saja tanpa mempertahankan yang ada di dalam Windows saat ini.

 

t1-431-w8-gb16

 

16. Sekarang kamu akan melihat dua opsi instalasi aktif: custom dan upgrade. Klik tombol Upgrade untuk melanjutkan proses upgrade.

 

 

t1-431-w8-gb17

 

17. Windows akan melakukan tugasnya memeriksa kompatibilitas hardware, software, lalu menyelesaikan seluruh proses instalasi. Windows juga akan melakukan transfer file, seting, dan program. Proses ini memakan waktu sekitar 1 jam.

 

 

18. Setelah proses instalasi selesai, kamu sudah bisa menggunakan Windows 8 Pro versi penuh.

 

 

Naskah: Steven Andy Pascal [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.