Kala Smartphone Berevolusi

Touchscreen smartphone with Earth globeDepok – Dunia smartphone dulu dikuasai oleh Palm, Microsoft dengan Windows Phonenya, disusul dengan Blackberry. Namun kemudian iOS muncul dengan revolusi perangkat berlayar sentuh yang kaya aplikasi menarik di toko aplikasinya. Tak lama berselang, Android juga muncul dengan konsep serupa. Gempuran dua anak bawang ini ternyata sanggup memukul mundur para pemain lama tersebut.

Berevolusi adalah cara alamiah untuk mempertahankan diri, demikian disebutkan dalam Teori Evolusi. Hal serupa berlaku juga bagi para pemain  lama paltform mobile ini. Menghadapi situasi persaingan ketat, Microsoft lantas merevolusi sistem operasi Windows Mobile menjadi Windows Phone yang lebih lincah dan fleksibel. Blackberry pun cukup berdarah-darah menghadapi pertempuran sengit ini. Hingga akhirnya perusahaan asal Kanada itu pun merevolusi sistem operasinya dengan Blackberry 10 yang punya pengalaman pakai yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya . Palm malah kian tak jelas nasibnya setelah dibeli Hawlett Packard.

Pemenang Kuis Chip Meetup
Indra (paling kiri) dan Romi (paling kanan) berfoto bersama pemenang hadiah Chip Campus Corner

Nah, keempat platform mobile besar yang kini bertahan, iOS, Android, Blackberry, dan Windows Mobile, ini kemudian dibahas oleh Romi Hidayat, CHIP Test Center Coordinator dan Indra Dhanurendra, Web Master CHIP Online dalam gelaran dalam gelaran CHIP Campus Corner di Universitas Gunadarma sebagai kesatuan acara dengan IT Expo 2013 yang digelar oleh BEM Fakultas Teknik Informatika (FTI) Universitas Gunadarma 27 Maret 2013 lalu.

Mewakili keempat platform itu, tim Chip membawa Windows Phone 8 dengan Lumia 920, BlackBerry 10 dengan Blackberry Z10, iOS 6 dengan iPhone 5, dan Android dibawah bendera HTC Butterfly. “Windows Phone 8 dan BlackBerry 10 memiliki interface yang lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya. Tidak hanya itu, pengguna pun bisa menemukan sejumlah feature menarik di kedua plaform tersebut, seperti People Hub untuk terhubung dalam satu layar dengan banyak jejaring sosial yang digunakan. Di BlackBerry 10, ada feature serupa yang diberi nama BlackBerry Hub,” ujar Romi.

Indra lebih banyak berbicara mengenai iOS dan Android. Dijelaskan oleh Indra bahwa keunggulan kedua platform tersebut adalah telah ditunjang dengan berbagai aplikasi menarik yang dapat ditemukan dimasing-masing marketplace. Untuk pengguna Android, mereka bisa men-download aplikasi melalui Google Play. Sedangkan pengguna iOS (iPhone 5) bisa men-download beragam aplikasi melalui App Store. Acara “Smartphone Today” ditutup dengan experience dari sejumlah peserta yang hadir untuk mencoba (hands on) semua perangkat yang diperlihatkan oleh CHIP. Selain itu, peserta yang beruntung bisa menjawab beberapa pertanyaan dari Romi dan Indra juga mendapatkan hadiah yang telah dipersiapkan.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.