Aplikasi Photo Utilities ‘Exif Date Changer’

Ubah Data EXIF Foto Kamu

Dulu sekali, di awal-awal ramainya pemberitaan mengenai foto maupun video tak senonoh para artis, tak sedikit dari kita mungkin bertanya-tanya bagaimana seorang ahli telematika menguak keaslian sebuah foto ataupun video. Lantas, kita tahu bahwa setiap file itu membawa atribut bernama metadata. Dari metadata inilah kita jadi tahu kapan sebuah file itu dibuat atau dimodifikasi, dengan software apa ia dibuat atau dimodifikasi, metode kompresi apa yang digunakan, dan lain sebagainya.

d1-433-ExifDateChanger copyDemikian pula dengan file foto. Ia juga memiliki metadata yang lazim disebut sebagai EXIF/IPTC. Dari data EXIF/IPTC ini dapat kita ketahui model kamera yang digunakan untuk memotret, tanggal memotret, kedalaman warna, resolusi, apakah sudah mengalami proses editing atau belum, dan lain sebagainya. Data EXIF/IPTC ini sudah “menempel” sejak foto dibuat / diambil oleh kamera. Dengan kata lain, data EXIF/IPTC ini adalah bawaan dari kamera.

Dulu, data EXIF/IPTC sering digunakan sebagai dasar menganalisa keaslian sebuah foto. Namun, sejak adanya aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit data EXIF/IPTC, keaslian sebuah foto tidak bisa semata-mata dilihat dari data EXIF/IPTC-nya.

Nah, salah satu aplikasi editor data EXIF/IPTC adalah Exif Date Changer. Ia tidak saja bisa digunakan untuk memanipulasi data EXIF/IPTC (terutama tanggal pengambilan gambar) pada suatu foto, namun ia juga dapat digunakan untuk “membuat” data EXIF/IPTC bagi foto maupun image atau gambar hasil kreasi software tertentu berformat JPG/JPEG. Sehingga gambar tersebut seolah-olah asli foto yang diambil dengan sebuah kamera. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur ‘filter camera’.

Selain itu, Exif Date Changer juga dapat melengkapi foto atau image kita dengan properti lain seperti hak cipta, keywords, dan lain-lain.

 

Informasi

Situs http://www.relliksoftware.com/
Ukuran File 5 MB
Lisensi Demo
Harga US$ 14,95
Kebutuhan Sistem Win XP/Win 7

 

 

Naskah: Dayu Akbar [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.