Diumumkan, Empat Pemenang Lenovo-MTV CO: LAB Indonesia

lenovo-colabJAKARTA, SELASA – Membaca judul di atas, mungkin kamu bertanya-tanya apa sih MTV CO:LAB? Lenovo MTV CO: LAB adalah sebuah platform sosial terpadu yang memungkinkan kaum milenial dari tujuh negara di Asia Pasifik berbagi cerita tentang komunitas mereka melalui musik. Proyek yang diajukan pada tahap pertamaini  didasarkan pada tema ‘Pulse of the City’ dan bisa dilihat di: www.project-colab.com/showcase/all .

Nah,dari negara kita kompetisi Lenovo MTV CO-LAB mencatat 351 proyek yang masuk. Berdasarkan voting publik yang berlangsung 1 – 9 Mei, dan penilaian mentor lokal DJ Andezzz dan Renny Fernandez muncul empat karya terbaik.

Siapa mereka? Adalah Fahmy Arsyad Said, Adhika Prastomo, Zefanya Dolorosa dan Rahmat Tri Basuki menjadi  juara untuk Lenovo-MTV CO:LAB dari Indonesia. Mereka mewakili kategori kreatif DJ, Vokalis/instrumentalis, Pembuat  Film, dan Seniman Motion Graphic. Keempatnya pun dihadiahi laptop Yoga terbaru dari Lenovo.

Mau tahu apa karya mereka? Fahmy Arsyad Said di kategori vokalis /instrumentalis menggabungkan nyanyian dan ritmis yang berspirit tradisi serta unsur musik modern sebagai bentuk ekpresi denyut Kota Palu.

Sementara itu karya kategori DJ dari Adhika Prastomo memadukan berbagai genre musik mulai dari trap, dubstep sampai etnik tradisional dan memadukan 3 instrumen tradisional  (saluang dari Minangkabau, gamelan  dari Jawa, angklung  dari Sunda) yang sangat mempengaruhi hidupnya.

Dalam karya dengan kategori Pembuat Film Zefanya Dolorosa membayangkan kota Surabaya dengan langit yang biru, lalu lintas yang sepi, suasana yang tidak terburu-buru dan jalan-jalan yang kosong sehingga orang bisa berjalan-jalan dengan damai.

Karya dengan kategori Motion Graphic dari Rahmat Tri Basuki berbicara tentang warisan budaya Jogjakarta yang kaya, seperti Candi Prambanan dan candi Borobudur, Kraton, angkutan tradisional seperti becak, andong dan sepeda onthel dan musik tradisional yang dikemas modern sebagai latar belakang .

O ya, keempat pemenang nasional ini akan bergabung dengan para pemenang dari negara India, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Dari mereka akan diseleksi  empat  juara regional pada 17 Mei untuk setiap kategori kreatif. Para juara final nanti  akan dihadiahi masing-masing US$ 10.000 dan perjalanan ke Singapura untuk workshop lima hari. Mereka juga akan berkolaborasi untuk menciptakan video musik eksklusif MTV dengan tema ‘Pulse of the World’.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.