Headphone Creative Aurvana In-Ear

Mudah Dibawa-bawa

Ada satu pilihan headphone lagi bagi penikmat musik yang suka “jalan-jalan” (travelling) sembari menikmati koleksi musiknya yang disimpan dalam gadget semacam iPod, smartphone, atau pun MP3 player, yang tak lain adalah Creative Aurvana In-Ear.

u3-433-Creative-aurYa, sebagai salah satu pemain di dunia audio, Creative memiliki jajaran peranti audio yang beragam. Produsen kartu suara Sound Blaster yang terkenal di dunia PC ini menawarkan berbagai jenis headphone, termasuk varian in-ear seperti halnya Aurvana In-Ear ini.

Headphone in-ear dari Creative ini menarik untuk dilirik karena kelengkapan paket yang disertakan dalam kemasannya, seperti 3 pasang silicon earbud dalam 3 ukuran berbeda, alat pembersih,  airplane adapter, serta tentu saja kotak penyimpanan. Tersedianya airplane adapter sangat menguntungkan bila bepergian dengan pesawat terbang karena pengguna lebih memiliki privasi memakai alatnya sendiri, bukan memakai headphone yang disediakan oleh maskapai penerbangan yang umumnya sudah dipakai ribuan kali. Sisi baik lainnya adalah faktor kebersihan tetap terjaga.

Creative Aurvana In-Ear memiliki frequency response dari 20Hz sampai 20kHz dengan sensivitas 115dB/mW dan impedansi 42 ohm. Dengan spesifikasi tersebut, apalagi memakai kabel berbahan tembaga bebas oksigen (oxygen free copper) serta miniplug 3,5mm berlapis emas, ia cukup memadai untuk diandalkan.

Dari sisi fisik, dengan bobot yang hanya 13 gram dengan kabel sepanjang 1,2 meter tentu medukung kemudahan ketika membawanya. Apalagi kotak  penyimpanan yang disertakan seukuran hanya segenggaman tangan membuatnya sungguh praktis dibawa kemana pun. Cukup “dikantongi” saja.

Nah, pada uji dengar yang dilakukan PCplus, hasilnya memang lumayan. Lagu andalan dari album Ingram Washington, “What A Difference A Day Makes” yang kaya instrumen musik berirama jazz serta vokal yang berat ini, cukup bisa dinikmati dalam harmoni yang lumayan. Cuma memang, sesekali pada instrumen saksofon yang cenderung bernada tinggi, hasil reproduksinya agak membuat pekak. Dan perlu diperhatikan juga, ketika menggunakan Creative Aurvana In-Ear ini earbud sebaiknya secara pas menutup lubang telinga (jangan hanya sekadar menempel di daun telinga) agar musik dapat dinikmati sebagaimana mestinya.

Sekadar mengingatkan, untuk headphone jenis in-ear, pas tidaknya ia menutup lubang telinga sangat mempengaruhi kualitas suara yang kamu dengar. Begitu pula halnya dengan isolasi terhadap suara sekitar. Jadi, jika kamu memutuskan untuk memilih Creative Aurvana In-Ear ini, saat memakainya nanti, gunakanlah earbud dengan ukuran yang pas dengan lubang telingamu.
(fon)

 

Creative memberikan pasangan earbud  dalam 3 ukuran berbeda, alat pembersih, juga airplane adapter.

Creative memberikan pasangan earbud
dalam 3 ukuran berbeda, alat pembersih, juga airplane adapter.

 

Agar mudah dibawa-bawa,  Creative Aurvana In-Ear menyertakan kotak penyimpanan yang mudah digenggam.

Agar mudah dibawa-bawa,
Creative Aurvana In-Ear menyertakan kotak penyimpanan yang mudah digenggam.

 

Spesifikasi

Ear Coupling In-ear
Frequency Response 20 – 20000 Hz
Impedansi 42Ω
Sensitivitas (1kHz) 115dB/mW
Bobot 13gr
Kabel Koneksi 1,2m, oxygen free cop per, gold plated 3,5mm jack stereo plug
Situs http://www.creative.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 847.000,-

*Sarandra (021) 6000300

 

+ Bahan serta kemasan cukup baik, frequency response serta sensivitas cukup baik.

Mengganti earbud dengan ukuran yang sesuai agak ribet.

 

Rating   7,4

 

Foto Alphons Mardjono