Trend Micro Temukan Survei Palsu di Instagram


instagram-surveyscam-1
JAKARTA, SENIN
– Di situs jejaring sosial sering dilakukan survei. Tapi hati-hati, tidak semua survei itu aman. Ada yang palsu, alias dibuat untuk menipu, mencuri identitas kamu untuk digunakan atau dijual ke pihak ketiga. Situs Facebook, Pinterest, dan Tumblr sudah pernah dimanfaatkan peretas yang melakukan survei palsu seperti ini.

Kali ini giliran Instagram, aplikasi sharing foto yang populer, yang didompleng peretas. Begitu diumumkan Trend Micro. Kalau kamu pengguna Instagram dengan seting private, waspadalah jika ada posting foto yang menawarkan pengikut (followers) gratis.  Tawaran serupa pernah ditemukan dan diblokir Trend Micro di Pinterest.

Trend Micro mengungkapkan kecurigaannya saat menemukan follower dengan nama ganda, seperti Tawna Tawna dan Concetta Concetta. Saat kotak dialog “Dapatkan Followers Gratis” diperiksa Micro Trend, terdeteksilah  ANDROINDOS_GCMBOT.A, yang dapat digunakan untuk melansir malicious ke halaman web dengan cara mengirimkan SMS melalui peranti.

Celakanya, diunduh atau tidak, kamu yang akan diarahkan ke situs penipu berkedok survei. Untungnya trik ini hanya berlaku jika kamu menggunakan smartphone Android. Kalau via PC, begitu lapor Trend Micro, trik tersebut tidak berfungsi.

Agar tidak terkecoh, kamu disarankan untuk mengecek posting dari akun sosial media, kendati itu berasal dari teman atau keluarga.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.