AMD APU Generasi Baru Telah Datang

AMDAPUTemash

Sunnyvale – Menjelang akhir bulan Mei 2013 ini, AMD meluncurkan tiga platform terbaru. Ketiga platform ini adalah AMD APU Elite Mobility 2013, AMD APU Mainstream 2013, dan AMD APU Elite Performance 2013. AMD mengklaim ketiga APU baru tersebut didesain untuk memenuhi dan menyeimbangkan kebutuhan antara pengguna PC saat ini dan terdahulu.

“Pasar klien telah berkembang ─ dengan keragaman jenis perangkat mobile dan tuntutan kinerja yang lebih tinggi dari perangkat lunak ─ dan AMD diposisikan secara unik untuk memberikan prosesor terbaik untuk memenuhi kebutuhan pengguna perangkat mobile saat ini,” kata Lisa Su, Senior Vice president dan General Manager, Global Business Unit AMD.

Ketiga AMD APU ini ditujukan untuk peranti mobile yang berbeda. AMD APU Elite Mobility 2013 ditujukan untuk peranti dengan TDP yang sangat hemat (sekitar 3,9W sampai 9W) seperti halnya tablet, hybrid, dan notebook layar sentuh mini. Ia hadir dalam pilhan dual core (A4) dan quad core (A6). AMD APU Elite Mobility 2013 yang dikenal dengan code name Temash ini menyatukan CPU x86 Jaguar dengan Graphics Core Next AMD Radeon HD seri 8000. Dibandingkan pendahulunya, Temash 172% lebih baik untuk CPU performance per watt dan 212% lebih baik untuk GPU performance per watt.

AMD APU Mainstream 2013 ditujukan untuk peranti dengan TDP yang lebih tinggi (sekitar 9W sampai 25W) seperti notebook layar sentuh kelas value. AMD APU dengan code name Kabini ini merupakan SoC seperti halnya Temash dan juga menggabungkan CPU x86 Jaguar dengan Graphics Core Next AMD Radeon HD seri 8000. Ia hadir dengan pilihan dual core (E1 dan E2) serta quad core (A4 dan A6). AMD menyebutkan bahwa Kabini memberikan 132% lebih baik untuk visual performance per watt, 127% lebih baik untuk productivity performance per watt, dan 25% lebih baik untuk efisiensi daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Berbeda dengan kedua APU di atas, AMD APU Elite Performance 2013 ditargetkan untuk menggantikan APU seri A terbaik generasi sebelumnya. Ia ditujukan untuk notebook ultrathin premium. AMD APU dengan code name Richland ini menawarkan peningkatan kinerja 12% pada productivity performance dan sampai 40% pada visual performance dibandingkan generasi sebelumnya. Ia juga 51% lebih hemat daya saat memutar video HD.

Tidak hanya sekadar mengumumkan, AMD pun menegaskan ketiga APU ini sudah tersedia dari beberapa produsen komputer terbaik dunia, seperti Acer dan HP.

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.