Hongkong Jadi Negara dengan Internet Tergegas di Dunia

hongkongJakarta – Menurut “State of the Internet” Akamai di kuartal empat 2012, Hongkong kini menjadi negara dengan kecepatan internet puncak tertinggi sebesar 57,5 Mbps. Kecepatannya ini meningkat 6,2 persen dari kuartal sebelumnya, disusul Korea Selatan (48,8 Mbps), Jepang (42,2 Mbps), Latvia (37,5 Mbps), dan Rumania (37,4 Mbps). Belgia (32,7 Mbps), Swiss (32,4 Mbps), Bulgaria (32,1 Mbps), Israel (30,9 Mbps), dan Singapura (30,7 Mbps) adalah lima negara lainnya yang masuk 10 besar dengan internet tercepat di dunia. Tapi perlu diingat, itu adalah kecepatan puncak. Rata-rata per penggunanya biasanya lebih rendah.

koneksi internetLalu bagaimana dengan Indonesia? Kecepatan internet di Indonesia tiap tahunnya rata-rata tercatat mencapai 86 persen dari kecepatan terbaiknya di angka 1,4 Mbps. Angka ini merupakan angka hasil peningkatan kecepatan internet di Indonesia kuartal keempat 2012 yang meningkat tiap kuartal sebesar 21 persen. Angka ini terpaut cukup jauh dengan kecepatan koneksi puncak global rata-rata meningkat tiap kuartal sebanyak 4,6 persen menjadi 16,6 Mbps. Tapi, kecepatan rata-rata koneksi global hanya 2,9 Mbps dengan peningkatan kecepatan kuartal-per-kuartalnya 5 persen. Memang, tetap masih jauh lebih cepat dari kecepatan puncak di Indonesia sekalipun. Kecepatan koneksi puncak 16,6 Mbps itu rata-rata mengalami peningkatan signifikan sebesar 35 persen dari tahun ke tahun.

Pantai Gading mengalami lonjakan peningkatan kecepatan internet sebesar 23%. Sementara Belanda dan Luxemburg hanya meningkat 0,1 persen dari kuartal ketiga 2012. Sementara untuk pertumbuhan kecepatan internet jika dilihat dari kuartal keempat 2011 (tahun-ke-tahun) rata-rata bertambah 25 persen. Peningkatan ini terjadi pada sembilan dari 10 negara denga kecepatan internet teratas. Hanya Belanda (3,3 persen), Hong Kong (5,4 persen), dan Jepang (19 persen) yang mengalami pertumbuhan di bawah 20 persen dari kuartal empat 2011 ke kuartal empat 2012. Oiya, Akamai sendiri adalah sebuah perusahaan jejaring pengiriman konten internet yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.